Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang Gelar Kuliah Umum

Suasana kuliah umum yang digelar Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang secara online melalui aplikasi Zoom, Selasa (22/12/2021).

Palembang, Sumselupdate.com – Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang merupakan  satu-satunya Fakultas Sains dan Teknologi di perguruan tinggi swasta di Sumatera yang  mengkaji bidang ilmu-ilmu dasar (Sains): biologi, fisika dan lingkungan serta bagaimana menerapkan Sains tersebut dalam Teknologi.

Untuk menjawab dalam pengelolaan sumberdaya alam (SDA) di Sumatera Selatan  tersebut, serangkaian kegiatan akademik dan non akademik telah  dilakukan untuk menyiapkan para mahasiswa agar mampu menjawab tantangan dalam pengelolaan SDA tersebut. Salah satu kegiatan akademik tersebut yakni kuliah umum.

Bacaan Lainnya

Kuliah umum yang bertemakan ‘Peranan Sains dan Teknologi dalam Konservasi Sumber Daya Alam untuk menuju Pambangunan Berkelanjutan’ digelar secara online melalui aplikasi Zoom, Selasa (22/12/2021) pukul 09.00-11.00 WIB.

Kegiatan kuliah umum yang dibuka oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor (Warek) II, Dr Yasir Arafat, SE, MM menghadirkan dua guru besar dari Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara  Program Studi Biologi, Prof Basuni, PhD, MSi dan Departemen Geofisika Fakultas MIPA Universitas Padjajaran Program Studi Fisika, Dr Eleonora Agustine, SSi, MT.

Suasana kuliah umum yang digelar Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang secara online melalui aplikasi Zoom, Selasa (22/12/2021).

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang, Dr Syaiful Eddy, MSi mengatakan, kuliah umum ini diikuti sebanyak 148 peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa dari berbagai macam daerah, instansi dan perguruan tinggi.

Para peserta ini datang dari perguruan tinggi di antaranya Universitas PGRI Palembang, Universitas Labuhan Batu, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Unnes, UIN Raden Fatah Palembang, Dinas Perikanan Kota Batam, SMP YPRI, SMPN 15 OKU, SMAN 1 OKU, Universitas Tadulako, SMPN 14 OKU, Universitas Dumoga Kotamobagu.

Peserta juga datang dari ITENAS Bandung, SDN 111 OKU, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Hulu, SMAN 1 Tegineneng, SMAN 1 Betung Banyuasin, Universitas Jambi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, SMA Taruna Batik Utara, Universitas Gadjah Mada, dan berbagai tempat dan instansi lainnya.

Dikatakan Syaiful Eddy, kegiatan kuliah umum ini merupakan salah satu program  Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang tahun 2020.

Syaiful Eddy mengatakan, kuliah umum sangat penting dilakukan dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan  harapan mahasiswa dapat memahami peranan ilmu murni (sains) dalam penerapannya di bidang  teknologi dalam menjaga kelestarian sumberdaya alam di antaranya hutan, air, tanah, dan bahan tambang energi serta mineral.

Wakil Rektor (Warek) II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM.

Sementara itu, Departemen Geofisika Fakultas MIPA Universitas Padjajaran Program Studi Fisika, Dr Eleonora Agustine, SSi, MT dalam paparannya yang berjudul ‘Peran Sains dan Teknologi dalam pengelolaan SDA dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan’ menjelaskan Indonesia Emas 2045 baik dari Pemukiman Transportasi Infrastruktur, Ekonomi dan Kesehatan, SDA Darat, Laut, dan Pendidikan.

Dalam paparannya, Dr Eleonora Agustine, SSi, MT menyampaikan pemanfaatan teknologi GPR Citra 3D untuk kajian sebaran jaringan utillitas kompleks (Viraldi AK) yang bertujuan untuk memetakan jaringan utilitas bawah permukaan menggunakan citra 3D GPR dan Teknik pengukuran pembuatan grid pada wilayah pengukuran dan pengolahan data secara 3D sehingga posisi utilitas dapat terlihat dengan baik.

Sedangkan guru besar dari Program Studi Biologi Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara, Prof Basuni, PhD, MSi dalam paparannya yang berjudul ‘Pengelolaan Kawasan dan Konservasi Mangrove di Sumatera’  menjelaskan bahwa hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Suasana kuliah umum yang digelar Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang secara online melalui aplikasi Zoom, Selasa (22/12/2021).

Menurutnya, kawasan hutan adalah wilayah tertentu yang ditunjuk atau ditetapkan oleh pemerintah untuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap.

Sehubungan dengan berbagai informasi yang disampaikan oleh kedua Narasumber, beberapa peserta seperti  Mega Fittiany dari FKIP Geografi dan Jumingin, MSi menyatakan sangat senang dan mendapat berbagai informasi yang inspiratif dan sangat bermanfaat. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.