Dosen PG-PAUD FKIP Unsri Kenalkan Aplikasi ‘Sidetik’ Pada Kegiatan PPM di OKI

Suasana PPM yang digelar dalam bentuk pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi ‘Sidetik’ melalui via Zoom Meeting, Jumat (20/11/2020).

Kayuagung, Sumselupdate.com – Meski di tengah pandemi Covid-19, sejumlah dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Sriwijaya (Unsri) tetap mengadakan tugas Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM).

Kali ini, PPM digelar dalam bentuk pelatihan yang difokuskan pendampingan penggunaan aplikasi ‘Sidetik’ dalam menstimulasi dan mendeteksi dini tumbuh kembang anak bagi guru PAUD di Kecamatan Lempung Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (20/11/2020).

Bacaan Lainnya

Pelatihan yang diselenggarakan via Zoom Meeting ini mendapat sambutan luas dari para peserta yang merupakan guru TK/ PAUD di Kecamatan Lempung Jaya, Kabupaten OKI.

Para guru TK/PAUD datang dari berbagai lembaga seperti KB Bunga Durian, Kecamatan Lempuing Jaya, KB Cempaka I, KB Cempaka II, PAUD Mawar I Lempung Jaya, PAUD Pelita Harapan Terpadu, PAUD Tunas Bangsa, PAUD Tunas Bangsa Tanjung Sari II, PAUD KB Roudhotul Ihsan, SMP Negeri 2 Lempuing Jaya.

Peserta juga datang dari TK Negeri Pembina Lempuing Jaya, TK Tania Kids, TKS Bhakti Bunda Muara Burnai I, TK Islam Terpadu Unggul Sriwijaya, dan TKS Darul Jannah.

Dalam sambutannya saat membuat kegiatan PPM, Kepala Bidang PAUD dan PNF OKI, Purnomo, SPd, MSi  mengapresiasi kegiatan pelatihan ini.

Purnomo berharap kedepannya kegiatan seperti ini diperluas wilayahnya, di mana tidak hanya di tingkat Kecamatan Lempuin Jaya, akan tetapi keseluruhan elemen guru di Kabupaten OKI.

Dalam pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi ‘Sidetik’ ini, nara sumber pertama Dra Hasmalena, MPd selaku dosen PG-PAUD FKIP Unsri menyampaikan materi terkait dengan Hakikat Anak Usia Dini.

Beliau menjelaskan bahwa anak usia dini adalah anak yang berada di rentan usia 0-6 tahun yang membutuhkan stimulasi serta rangsangan pada 6 aspek bidang pengembangan baik aspek kognitif, NAM, fisik motorik, sosial emosional, bahasa serta seni, dan pemberian stimulasi.

Menurut Hasmalena, pada rentang usia ini merupakan saat yang sangat tepat dikarenakan anak berada pada masa keemasan dalam menerima pengetahuan.

Tak hanya itu beliau menyampaikan garis besar prinsip karakteristik anak usia dini dan cara stimulasi yang tepat sesuai usia anak.

Untuk materi terkait Hakikat dan Stimulasi Anak Usia 4-6 Tahun disampaikan dosen PG-PAUD Unsri bernama Dra Syafdaningsih, MPd.

Syafdaningsih menyampaikan perbedaan mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Di mana perkembangan anak usia dini adalah sesuatu yang merujuk pada perubahan-perubahan tertentu yang terjadi sepanjang siklus kehidupan anak sejak lahir, perubahan yang tidak dapat berulang, tidak dapat diputar kembali serta bersifat tetap.

Dikatakannya, banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak mulai dari faktor hereditas/gen, pengaruh kentekstual umum, pengaruh normatif, dan non normatif serta pengaruh periode kritis.

Tujuan mempelajari perkembangan anak ialah untuk memahami perkembangan manusia memberikan manfaat bagi setiap individu, keluarga serta masyarakat, dan pula pemahaman terhadap perkembangan manusia memberikan persepektif yang bersifat kontekstual.

Pada kesempatan tersebut, beliau pula menyampaikan  bagaimana tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun serta stimulasi yang tepat mengacu pada Permendikbud 137.

Sedangkan dosen PG-PAUD FKIP Unsri lainnya, Mahyumi Rantina, MPd menyampaikan mengenai  materi stimulasi perkembangan anak usia 03 tahun.

Di mana beliau menyampaikan bahwa tujuan pemberian stimulasi pada anak adalah untuk membantu mencapai tingkat perkembangan yang optimal atau sesuai dengan yang diharapkan.

Menurut Mahyumi, stimulasi pula adalah upaya orang tua atau keluarga untuk mengajak anak bermain dalam suasana penuh gembira dan kasih sayang.

Beliau pula menyampaikan  stimulasi yang tepat yang dapat diberikan kepada anak dengan rentang usia dari 0-3 tahun.

Pada kesempatan tersebut beliau pula memperkenalkan  sebuah aplikasi dan buku terbaru yaitu aplikasi ‘Sidetik’.

Pada aplikasi ini berisikan panduan stimulasi dan deteksi dini tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun.

Pada perkenalan aplikasi ini beliau salah satu pembuat buku dan aplikasi ‘Sidetik’. Di mana selain Mahyumi Rantina, MPd, buku dan aplikasi Sidetik dibuat juga oleh Dra Hasmalena, MPd dan Yanti Karmila Nengsih, MPd.

Pada aplikasi ‘Sidetik’ ini berisikan karakteristik anak sesuai usia dan aspek perkembangan anak serta stimulasi yang tepat yang dapat diberikan.

Di mana aplikasi tersebut terdapat deteksi dini tumbuh kembang yang dapat dicek secara otomatis dengan memasukan data anak. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.