Di Tengah Pandemi, RSUD Sekayu Sukseskan Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit

Suasana bakti sosial operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia pada 7 April 2021 oleh Pemkab Muba bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan Yayasan Ummi Romlah.

Sekayu, Sumselupdate.com – Kepemimpinan Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA bersama Wabup Beni Hernedi SIP sudah mengukir senyum dan harapan baru terhadap anak penderita bibir sumbing dan celah langit melalui Kegiatan bakti sosial operasi secara gratis.

Kegiatan bakti sosial operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada 7 April 2021 oleh Pemkab Muba bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan Yayasan Ummi Romlah ini sudah keempat kalinya terselenggara di Muba.

Bacaan Lainnya

Baksos Wujud kepedulian yang tulus yang diberikan oleh Kepala Daerah Inovatif ini untuk masyarakat dirasakan langsung oleh 25 pasien penderita bibir sumbing dan celah langit yang sedang menjalankan operasi tepatnya pada Sabtu (10/04/2021) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu.

Terpantau di lokasi, kebanyakan mereka dari masyarakat tidak mampu di antaranya ada dua orang pasien suku anak dalam (SAD) yang berasal dari Kecamatan Bayung Lencir Muba, dan dengan adanya operasi gratis ini tentu mereka sangatlah terbantu.

Walaupun Operasi dilaksanakan ditengah Pandemi COVID-19, tim RSUD Sekayu sukses menuntaskan tugasnya dalam menangani pasien.

Suasana bakti sosial operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia pada 7 April 2021 oleh Pemkab Muba bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan Yayasan Ummi Romlah.

Pada kesempatan ini, dr Iqmal Parlianta, SPbP-RE menjelaskan bahwa sebelum menjalani operasi, setiap pasien terlebih dahulu menjalani pemeriksaan awal dan menginap di RSUD Sekayu.

Pasien juga dipastikan sudah memenuhi kriteria dan kaidah-kaidah kesehatan kedokteran.

“Jadi setiap pasien yang akan kita operasi tentunya harus memenuhi kaidah-kaidah kesehatan kedokteran, salah satunya pada masa pandemi ini harus memenuhi protokol kesehatan yaitu selain diperiksa kesehatannya apakah ada kelainan lain-lain seperti batuk, pilek, demam juga kita bisa cek darahnya, kita periksa apakah ada gejala Covid-19 dengan tujuan pasien agar mendapatkan pasien sudah optimal untuk di operasi. Alhamdulillah operasi selesai hari ini dari kita persiapan sampai pelaksanaan dan beberapa yang telah kita operasi berjalan lancar syukur alhamdulillah,” ungkapnya.

Menurut dr Iqmal Parlianta, dari seluruh pasien mendaftar terdapat satu pasien yang tidak memenuhi kriteria untuk dioperasi, karena berat badannya kurang cukup dan nanti dipenuhi sesuai umur dan berat badannya setelah itu akan dijadwalkan kembali.

“Program kita ini Insha Allah tidak hanya berhenti di sini, kita sudah punya komitmen dengan pemerintah daerah bapak Bupati Dodi Reza Alex Noerdin bahwa kegiatan ini akan kita teruskan agar semua masyarakat mendekati dengan pelayanan bedah plastik operasi bibir sumbing. Jadi kita akan rencana reguler, RSUD akan menjadi Center Bedah Plastik untuk penanganan operasi bibir sumbing di daerah Kabupaten Muba dan juga akan dibantu oleh tim bedah plastik dari Palembang,” ungkapnya.

Terakhir, dr Iqmal mengatakan, pasien akan sembuh kembali sekitar lebih kurang 4-5 hari karena akan mengangkat jahitan.

“Kalau untuk langit-langit tidak perlu angkat jahitan karena sudah pakai benang yang sudah bisa diserap oleh tubuh,” tandasnya.

Sementara itu, Yati salah satu orang tua dari pasien Arsilah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, khususnya kepada Pemkab Muba dan RSUD Sekayu.

Menurutnya dengan adanya operasi gratis tersebut pihaknya sangat terbantu sekali.

Suasana bakti sosial operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia pada 7 April 2021 oleh Pemkab Muba bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan Yayasan Ummi Romlah.

“Kegiatan mulia ini sangat bermanfaat sekali bagi kami. Kami sangat berterimakasih sekali kepada pihak-pihak terkait, terutama kepada Pemkab Muba khususnya Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin dan pihak RSUD Sekayu. Semoga kebaikan yang diberikan kepada kami dibalas oleh Allah SWT. Terima kasih nian,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic, Econ, MBA mengapresiasi seluruh tim medis penanganan operasi bibir sumbing dan celah langit yang sudah bekerja keras dan sukses dalam hal tersebut.

“Saya bangga dengan pelayanan RSUD Sekayu. Selamat kepada Tim medis yang profesional menjalankan tugas dan tindakan. Kepercayaan masyarakat Sumsel khususnya Muba harus tetap kita jaga,” katanya.

Ia juga berharap semua pasien cepat sembuh, kembali ceria dan berkumpul bersama keluarganya masing-masing.

“Alhamdulillah operasi sudah berjalan dengan lancar. Kepada keluarga pasien saya ucapkan selamat semoga pemulihan berjalan sempurna dan semoga pasien cepat sembuh, bisa bermain dengan keluarga dan teman yang lain dengan percaya diri,” ucap Dodi. (rel)

 

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.