Dana Sekolah Gratis Terlambat, Ini Tanggapan Kadisdik Sumsel

Kamis, 28 Januari 2016
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo

Palembang, sumselupdate.com– Dana sekolah gratis triwulan keempat, yakni untuk bulan Oktober hingga Desember 2015, bagi sekolah-sekolah di Sumsel hingga saat ini belum cair. Ibarat setali mata uang, dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) tahun 2016 yang sesuai jadwal akan dicairkan pada minggu ketiga Januari 2016 juga bernasib sama. Praktis kondisi ini mengundang keresahan kepala sekolah dan guru, mengingat dana tersebut sangat dibutuhkan untuk kegiatan operasional belajar-mengajar di sekolah. Lantas, bagaimana tanggapan pemerintah terkait hal ini?

Saat dikonfirmasi oleh sumselupdate.com pada Kamis (28/1/2016), Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan (Kadisdik Sumsel) Widodo, M Pd membenarkan bahwa dana sekolah gratis periode Oktober-Desember 2015 ataupun dana BOS tahun 2016 belum cair. “Memang benar adanya. Tapi ini bukan kehendak apalagi disengaja oleh Pemerintah Provinsi ya. Itu semua dampak dari belum diterimanya Dana Bagi Hasil Migas dari Pusat,” terang Widodo.

Bacaan Lainnya

Ditambahkan Widodo, belum turunnya Dana Bagi Hasil Migas dari Pusat ke Sumsel membuat kemampuan anggaran dalam APBD Sumsel untuk menjalankan program pembangunan di daerah, termasuk program sekolah gratis, sedikit terganggu. “Tapi kondisi serupa juga terjadi di daerah-daerah lain, tidak hanya di Sumsel”, ujarnya.

Pihaknya kini sedang mengusahakan agar dana sekolah gratis dan BOS segera cair. “Dana itu pasti cair. Tinggal tunggu waktu saja. Untuk itu, mohon bersabar,” tegas Widodo.

Widodo sangat memahami keresahan para kepala sekolah dan guru yang selama ini bersentuhan dengan kegiatan proses belajar mengajar, dimana dana yang dibutuhkan untuk menunjang proses belajar mengajar justru belum turun. Apa pun kondisinya, lanjut Widodo, proses belajar mengajar diharapkan tetap bisa berlangsung dengan baik. Untuk sementara waktu, pihak sekolah pun dihimbau untuk bisa mencari jalan, seperti mencari dana talangan, dalam rangka mengatasi permasalahan yang muncul akibat belum cairnya dana sekolah gratis atau BOS ini. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.