Ciptakan Aplikasi M Financial, Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Ukir Prestasi di National Scientific Days

Pembantu Direktur (PD) III Polsri Bidang Kemahasiswaan, Ir Irawan Rusnadi, MT menyerahkan sertifikat pemenang kepada Renaldo Afriansyah yang meraih juara tiga di ajang National Scientific Days (NASA).

Palembang, Sumselupdate.com – Mahasiswa Universitas PGRI Palembang kembali mengukir prestasi di kancah daerah maupun nasional.

Jika sebelumnya Rani Anggraini mahasiswi semester VII Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang dinobatkan sebagai Putri Sriwijaya Berbakat Sriwijaya 2019.

Bacaan Lainnya

Kali ini mahasiswa Universitas PGRI Palembang meraih juara ketiga di ajang National Scientific Days (NASA) Sub Regional Sumatera Bagian Selatan meliputi Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bandar Lampung, Kepulauan Riau, dan Provinsi Jambi.

Adalah Renaldo Afriansyah mahasiswa semester V Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi,  Universitas PGRI Palembang yang menorehkan prestasi di ajang nasional itu.

Karya tulis ilmiah yang dibawakan Relando Afriansyah itu mengambil judul ‘Minimalisir Risiko Kebangkrutan Pembisnis Pemula dengan Menggunakan Aplikasi M Financial Metode Dana Cadangan’.

Event yang diikuti universitas negeri dan swasta tingkat nasional ini digelar di Politeknik Negeri Sriwijaya pada 4-6 Oktober 2019.

Renaldo Afriansyah

 

Sebelum menembus tiga besar nasional, karya Renaldo Afriansyah terlebih dahulu melalui penyaringan dan seleksi ketat ratusan karya tulis ilmiah (KTI) mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya di Sumbagsel.

Pada bulan September 2019, karya Renaldo Afriansyah berhasil menempati lima karya terbaik National Scientific Days. Lalu mengikuti seleksi kembali pada 4-6 Oktober 2019 dan akhirnya meraih juara tiga National Scientific Days 2019.

Diwawancarai Sumselupdate.com, Selasa (15/10/2019), Renaldo Afriansyah mengaku, dukungan Universitas PGRI Palembang sangat besar dalam membuat karya yang pada akhirnya terciptanya aplikasi yang diberi nama M Financial ini.

Menurut Renaldo, dukungan Universitas PGRI Palembang dalam bentuk mendanani sepenuhnya dari setiap kebutuhan untuk mencipta aplikasi tersebut.

Dukungan tersebut, menurut Renaldo, Universitas PGRI Palembang bersedia menjembatani sampai aplikasi ini hadir di google store dan app store.

“Saya sangat terhormat bisa berpartisipasi dalam kegiatan nasional kali ini. Ke depannya saya akan aktif mengikuti ajang nasioal kembali di luar kota atau daerah sehingga dapat mengharumkan nama Universitas PGRI PGRI Palembang di kancah nasional. Selain itu saya ingin nama Universitas PGRI Palembang tidak dipandang sebelah mata dan memiliki daya saing di kancah nasional,” tutur Renaldo.

Mengenai persiapan untuk mengikuti ajang nasional itu, Renaldo menuturkan memakan waktu hampir satu bulan lebih. Persiapan itu meliputi penentuan ide awal, latar belakang, pengembangan isi, survei, penelitian, dan hasil karya.

Ide untuk menciptakan aplikasi M Financial ini berangkat dari keresahan Renaldo tentang perekonomian di Indonesia.

Menurutnya, rendahnya lapangan kerja didasari dari buruknya sistem pengetahuan keuangan sehingga kebangkrutan pelaku kewirausahaan kerap ditemui.

Padahal ketika angka kebangkrutan ditekan maka lapangan kerja akan semakin terbuka lebar dan akan menekan angka pengangguran.

Selain itu, minimnya inovasi dalam kewirausahaan juga melatarbelakangi kebangkrutan. Hal ini dikarenakan kurang pahamnya pengaturan keuangan yang baik, padahal dengan perencanaan keuangan masalah inovasi dan kebangkrutan bisa ditangani.

Nah, hadirnya aplikasi M Financial bermanfaat untuk  mengedukasi dan mempermudah seseorang dalam merencanakan keuangan.

Secara rinci Renaldo menjelaskan dalam aplikasi M Financial memiliki tujuh fitur meliputi;

1.Dana Tak Terduga (dana cadangan)

Dana ini didapatkan dari penyisihan laba (keuntungan) per bulannya. Jadi nanti dihitung menggunankan rumus tertentu sehingga nantinya ketika 12 bulan dana ini akan menutupi 1-2 bulan produksi atau operasional walaupun pada bulan sebelumnya tidak mendapatkan pemasukan sama sekali (rugi). Ini terhubung langsung dengan M banking.

2.  Tabungan

Fungsinya untuk merencanakan inovasi ataupun pengembangan. Contoh untuk membeli peralatan baru dengan harga 7.000.000 dibutuhkan waktu 1 tahun yang didapatkan dari laba (keuntuangan per bulannya). Rumusnya jumlah target: lama waktu=hasil.  Jumlah dan waktu ditentukan sendiri aplikasi secara otomatis akan mengeluarkan nominal pada per bulannya.

3. Investasi

Fitur penambahan nilai atau keuntungan dari bisnis lain, yang digunakan untuk menambah produksi, permodalan, atau pun dana untuk pengembangan.

4. Donasi

Ketika kita bicara dana cadangan kita harus tahu tdk hanya aspek rill yang kita perhitungkan namun aspek spiritual. Dana yang  diberikan ke tempat lain, diyakini akan kembali dalam bentuk rezeki dari tuhan. Ini dijembatani langsung dengan lembaga donasi yang terpercaya.

5.Dompetku

Mengetahui jumlah aset yang dimiliki.

7. Panduan

Untuk mengetahui panduan pengerjaan aplikasi. Hal ini ditujukan untuk mengedukasi pengguna. Info di sini berupa teks dan video

Renaldo Afriansyah

 

Dengan hadirnya aplikasi M Financial ini, Renaldo mengaku akan terus menciptakan karya-karya lainnya untuk bisa dimanfaatkan masyarakat sekaligus mengharumkan nama Universitas PGRI Palembang.

“Manusia tanpa cita-cita bagaikan burung tanpa sayap. Jadi saya akan terus bercita-cita mengharumkan nama Universitas PGRI Palembang di kancah nasional dan untuk membanggakan orang yang mendidik saya sampai jadi seseorang yang ulet seperti saat ini,” tutup Renaldo.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyatakan rasa senang dan bangganya atas berbagai prestasi yang diraih oleh mahasiswa/i Universitas PGRI Palembang.

Bukman mengatakan, perguruan tinggi yang dipimpinnya akan terus memberikan support serta kesempatan bagi para mahasiswa dan dosen untuk terus berprestasi di berbagai bidang.

Dikatakannya, Universitas PGRI Palembang juga terus meningkatkan sarana dan prasarana seperti Pusat Layanan Terpadu, Business Science Center, Business Center, Media Center, dan berbagai fasilitas lainnya untuk kenyamanan dan kelancaran mahasiswa dalam menyelesaikan studinya di perguruan tinggi ini. (edo)

Biodata

Nama : Renaldo Afriansyah

Cita-cita : CEO Perusahaan Multi Nasional atau Multi Internasional

Prestasi:

  1. Juara 3 Scientific National Days 2019
  2. Duta Shodaqoh YDM 2019
  3. 5 (lima) Karya Terbaik National Scientific Days 2019
  4. TOP 7 Paper Writing Conference SAND se-Indonesia 2018
  5. Juara 2 Essay KAMMI se-Palembang 2018
  6. Juara 1 Menulis Cerpen Bulan Bahasa 3 se Sumatera Selatan 2018
  7. Juara 2 Cipta Puisi KAMMI se-Palembang 2018
  8. Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekonomi 2018
  9. Delegasi Musyawarah Nasional XII Yolyakarta 2018
  10. Wartawan Termuda media Pemerintah Kota Palembang Majalah Dahsyat 2017-2018
  11. Juara 2 Penulisan Berita Siaran 2016-2017
  12. Koordinator wartawan Muda Sriwijaya Post (Lepass) 2016-2017
  13. Siswa Berprestasi SMK Negeri 1 Palembang 2017
  14. Delegasi Sekolah Terdisiplin se-Palembang di SMK 4 Palembang tahun 2015
  15. Juara 2 Gerak jalan Kementerian Pemuda dan Olahraga HUT RI 2015
  16. Juara 1 Seleksi Sepak Bola Frenz United Zona Sumatera Selatan 2014
  17. Juara 2 Futsal Bina Darma 2013
  18. Juara 2 Lomba Teknik Baris Berbaris di SMA Bina Jaya se Palembang 2013
  19. Harapan 1 Lomba baris berbaris se Palembang di SMA PGRI 2 Palembang 2013
  20. Harapan 2 Lomba Baris Berbaris MTS N 2 Palembang 2013
  21. Dan prestasi lainnya.

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.