Cegah PMK, Hewan Ternak di PALI Divaksin

Tampak vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di peternakan Talang Kerangan, oleh petugas disaksikan Asisten 2, Kepala Dinas Pertanian, Kapolsek dan sejumlah OPD dan ormas.

PALI, Sumselupdate.com Meski kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di wilayah Bumi Serepat Serasan belum ditemukan, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tetap melakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak.

Hal itu terlihat ketika digelarnya launching vaksinasi PMK ternak kaki empat yang digelar oleh Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Rabu (29/6/2022) di peternakan Talang Kerangan, Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi.

Read More

Launching vaksinasi PMK ternak tahap pertama di Kabupaten PALI dibuka secara langsung oleh Bupati PALI melalui Asisten II Rusdi, SSos disaksikan Kapolres PALI melalui Kapolsek Talang Ubi, Dandim 0404 MPP, dan sejumlah kepala OPD terkait di lingkup Pemkab PALI.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni menerangkan bahwa vaksinasi tahap pertama disiapkan sebanyak 400 vaksin yang akan diberikan di empat kecamatan.

“Kita usulkan 2.000 vaksin lebih, tetapi baru datang 400 vaksin yang langsung kita berikan. Target di empat kecamatan, yakni Talang Ubi, Tanah Abang, Penukal dan Abab, sementara kecamatan Penukal Utara sudah pernah ada suspek PMK,” ujar Ahmad Jhoni.

Dijelaskan Ahmad Jhoni bahwa total populasi sapi ada 4.343 ekor hanya saja yang siap divaksin 2.120 ekor.

“Jenis vaksin yang diberikan jenis Aftopor. Yang mudah-mudahan dapat mencegah penyebaran PMK. Yang diberikan vaksin untuk sementara terhadap sapi,” ungkapnya.

Untuk memastikan hewan ternak bebas PMK saat hari raya kurban, Ahmad Jhoni menyatakan pihaknya dalam waktu dekat ini mengecek hewan-hewan kurban baik yang berada di penjual maupun yang sudah dibeli masyarakat sebagai hewan kurban.

“Petugas kita akan berkeliling mengecek hewan kurban agar hewan yang disembelih saat hari raya Idul Adha benar-benar bebas dari PMK,” pungkasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.