Catur Mendukung, Karate Minta Alex Pikir Ulang

Rabu, 17 Februari 2016
KONI Sumsel

Palembang, Sumselupdate.com – Jelang Musyawarah Provinsi (Musprov) KONI Sumsel, 26-27 Februari mendatang. Ragam komentar pun mulai banyak terkait pencalonan Gubernur Sumsel menjadi Ketua Umum KONI Sumsel menggantikan Muddai Madang. Seperti yang diungkapkan Pelatih Catur Sumsel Mursili, dirinya mendukung keinginan orang nomor satu di Sumsel tersebut karena mengamati belum adanya figur yang tepat dari kalangan independen (nonbirokrasi) untuk mengemban tugas tersebut.

“Justru lebih bagus diambil oleh Gubernur saja karena yang bakal menggantikan hampir dipastikan tidak dapat mengendalikan KONI. Sementara, di satu sisi, tugas Sumsel ke depan sangatlah berat yakni mengirimkan tim PON dan menjadi tuan rumah Asian Games,” kata Mursili, Rabu (17/2)

Bacaan Lainnya

Tapi, berbeda pendapat dengan Pelatih Karate Sumsel Aliuddin mengatakan sebaiknya Gubernur tidak turun tangan mengurusi KONI karena sejatinya organisasi ini tidak ada kaitannya dengan kepentingan menjadi tuan rumah Asian Games.

“KONI itu titahnya mengurus atlet, bukan mengurus event. Jika Gubernur turun langsung menjadi ketua, lantas siapa yang mengawasi organisasi karena Gubernur sudah ada di dalam. Saya justru sangat mendukung jika Gubernur jadi Menpora,” kata dia.

Namun, jika berdasarkan UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Pasal 40 diketahui bahwa keinginan gubernur ini menyalahi UU. Dalam UU dinyatakan bahwa pengurus KONI provinsi dan kabupaten / kota bersifat mandiri atau tidak terikat pada kegiatan jabatan struktural dan jabatan publik.

KONI Sumsel sejak 2009 dipimpin oleh Muddai Madang dengan latar belakang pengusaha dan pengurus cabang olahraga. Kini, ia terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia berduet dengan Erick Tohir.(Dek)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.