Bupati OKU Sampaikan KUPA-PPAS APBD OKU 2020

PARIPURNA-Rapat Paripurna dengan agenda pengesahan KUPA dan PPAS Perubahan APBD Kabupaten OKU, di Ruang Rapat Paripurna DPRD OKU, Selasa (18/8/2020).

Laporan : Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com-DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pengesahan Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) di Ruang Rapat Paripurna DPRD OKU, Selasa (18/8/2020).

Bacaan Lainnya

Rapat paripurna ini dihadiri Bupati OKU Drs H Kuryana Azis. Rapat Paripurna ke-XI ini dibuka oleh Ketua DPRD OKU Ir H Marjito Bachri, ST. Ikut hadir pada acara ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) Kabupaten OKU, Anggota DPRD OKU, Sekretaris Daerah (Sekda) OKU, Staf Ahli Bupati, Asisten, Organisasi Pelaksana Daerah (OPD), Kepala Bagian (Kabag), Camat, dan undangan lainnya.

Bupati OKU Kuryana Azis mengatakan, perubahan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sesuai Pasal 161 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah pasal 154 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah dapat dilakukan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi Kebijakan Umum Anggaran (KUA).

Sehingta menimbulkan keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pengesahan anggaran antarorganisasi, antara unit organisasi, antara program, antara kegiatan, antara jenis belanja. Keadaan yang menyebabkan SILPA tahun anggaran sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan, Dalam keadaan darurat atau keadaan luar biasa.

Selanjutnya hal yang mengakibatkan perubahan APBD dimaksud diformulasikan ke dalam rancangan KUA Perubahan, serta prioritas dan plafon anggaran perubahan APBD.

Sehubungan dengan itu, surat Bupati OKU tanggal 7 Agustus 2020 Nomor 900/1230/XL/II/2020 perihal penyampaian kebijakan umum perubahan APBD dan perubahan APBD Kabupaten OKU Tahun Anggaran 2020.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa terhadap rancangan kebijakan umum perubahan APBD serta rancangan prioritas dan plafon anggaran perubahan APBD Kabupaten Ogan Komering Ulu tahun anggaran 2020,” urainya.

Dalam setiap pembahasan dimaksud, kata dia, tentunya ditemui perbedaan pandangan terhadap beberapa materi yang dibahas baik kebijakan, pendapatan belanja, maupun pembiayaan. Sebagai tindak lanjut rencana pembangunan jangka panjang dan rencana pembangunan jangka menengah, serta kelanjutan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020.

Atas kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten OKU dan DPRD OKU, telah disusun kebijakan umum perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah serta prioritas dan plafon anggaran perubahan APBD OKU tahun 2020, sebagai rangkaian dalam penyusunan perubahan pendapatan dan belanja daerah APBD OKU.

Di akhir sambutannya, Kuryana berharap data-data keuangan dalam KUPA PPAS APBD Perubahan tahun 2020 tersebut dapat dibahas bersama-sama. Dan pada akhirnya dapat disepakati bersama antara bupati dan DPRD dalam suatu nota kesepakatan KUPA PPAS Perubahan APBD Kabupaten OKUTahun Anggaran 2020. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.