Bayi Kembar Siam dengan Satu Tubuh Dua Kepala di Palembang Akhirnya Meninggal Dunia

Petugas medis RSMH Palembang menangani bayi kembar siam dengan satu tubuh dua kepala yang lahir dari ibu muda bernisial YR. Namun tak lama dilahirkan bayi tersebut meninggal dunia.

Laporan Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Bayi kembar siam dengan satu tubuh dua kepala yang lahir dari ibu muda bernisial YR (26) akhirnya meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Muhammad Hosein (RSMH) Palembang, Jumat (14/1/2021) pukul 11.20 WIB.

Read More

Humas RSMH Suhaimi menjelaskan jika hasil diagnosa Dr Indrayadi, bayi kembar siam tersebut  meninggal dunia karena kondisi paru yang tidak normal atau satu kepala hanya satu paru.

Penyebab lainnya, adanya kelainan jantung bawaan yang biasanya hampir selalu terdapat pada bayi kembar siam.

“Di ruang intensif,  bayi kembar siam itu kembali tidak bernapas, sehingga kita lakukan pemasangan selang bantu napas ke kedua kepala bayi dan dihubungkan ke mesin bantu napas. Ketika diberi bantuan napas di kepala kanan, tampak hanya dinding dada kanan yang bergerak dan suara napas hanya terdengar di sebelah kanan. Ketika diberi bantuan napas untuk kepala kiri, hanya dinding dada kiri yang bergerak dan suara napas hanya terdengar di dada kiri. Sehingga dicurigai satu kepala terhubung ke satu paru,” ujar Suhaimi kepada wartawan, Sabtu (15/1/2021).

Kemudian dilakukan foto rontgen, bayi kembar siam itu belum sempat dilakukan pemeriksaan ekokardiografi.

Namun kondisi bayi semakin memburuk sehingga dilakukan bantuan mesin bantu napas yang dimaksimalkan.

Tidak hanya itu diberikan obat obatan penunjang pompa jantung, namun takdir berkata lain. Bayi kembar siam itu akhirnya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pukul 11 20 WIB.

“Penyebab kematian diduga karena kondisi paru yang tidak normal (satu kepala hanya satu paru) dan adanya kelainan jantung bawaan yang biasanya hampir selalu terdapat pada bayi kembar siam,” jelasnya.

Dari keterangannya sejak kemarin jenazah kedua bayi tersebut telah dibawa orang tuanya pulang.

“Kita sudah berusaha, dan saat berfoto saja orang tuanya tidak mau. Dan bilang tidak mau dieksposes,” kata Suhaimi.

Sebelumnya, YR (26) yang merupakan warga Palembang melahirkan bayi kembar siam dengan tubuh satu berkepala dua.

Bayi kembar siam itu lahir di Ruang Operasi Sentral RSMH Palembang dengan operasi caesar. Diketahui bayi tersebut lahir paada Jumay (14/1/2022) sekitar pukul 08.20 WIB. (**)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.