Bantu Korban Kebakaran Pasar Gubah, Herman Deru Tanggung Biaya Sewa Rumah Sementara

Gubernur Sumsel Herman Deru saat memberikan bantuan secara simbolis kepada korban kebakaran

Palembang, Sumselupdate.com – Di bawah guyuran hujan gerimis di Kota Palembang, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menemui para korban kebakaran yang menghanguskan 18 rumah di Lorong Mess Garuda RT 34 dan RT 35, Kecamatan Bukit Kecil (Samping Pasar Gubah), Selasa (26/01/2021) siang.

Tak sendiri, dalam kunjungannya di Posko Kebakaran itu HD tampak didampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP S.Sos, serta Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari, CTMP.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, HD menyampaikan keprihatinannya dan duka cita mendalam atas musibah kebakaran yang terjadi.

“Bukan hanya tetangga dan masyarakat, kami dari pemerintahan juga merasakan kepedihan yang dirasakan bapak ibu sekalian. Semoga bapak ibu bisa tabah atas ujian ini. Dan pesan Saya jangan lupa ibadah” jelasnya.

Selain betatap muka dengan para korban kebakaran, HD juga melihat langsung sisa kebakaran di lokasi kejadian.

Untuk meringankan beban 23 KK dan 105 jiwa yang menjadi korban, Gubernur Herman Deru memberikan bantuan sembako dan jaminan hidup. Ia juga bahkan mengguyuŕkan bantuan uang tunai untuk para korban agar bisa menyewa rumah sementara waktu.

Sehingga para korban bisa tinggal di tempat yang layak. Tak tanggung-tanggung uang sewa yang Ia berikan per KK senilai Rp1,5 juta atau bisa untuk menyewa rumah/bedeng hingga 3 bulan ke depan.

“Kalau untuk rekonstruksi kampung itu minimal 50 rumah. Tapi tetap akan kita carikan format lainnya syukur-syukur lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu untuk bantuan makanan, minuman menurutnya Pemprov melalui Dinsos, Baznas dan BPBD akan ikut membantu.

Dalam kondisi ini HD juga menghimbau masyarakat agar tidak usah lagi saling menyalahkan dan menyerahkan kewenangan kepada Kepolisian untuk mengusutnya.

” Yang harus kita waspadai adalah kedepan harus lebih hati-hati. Baik itu memasang kabel listrik, charger handphone maupun kompor.

Tak hanya menyalurkan bantuan Provinsi, dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H.Herman Deru juga memyalurkan langsung bantuan dari Presiden Joko Widodo yang kebetulan hari Selasa (26/1/2021) itu kunker ke Palembang meresmikan Tol Keramasan.

“Ya jadi kami kesini ingin melihat langsung kondisi masyarakat yang menjadi korban. Sekaligus menyampaikan bantuan dari Presiden Jokowi yang dititipkan tadi. Ini langsung kita distribusikan kepada ratusan jiwa yang menjadi korban,” jelasnya.

Sementara itu Zeleha (42), salah seorang korban kebakaran terlihat masih begitu shock dengan musibah yang menimpanya. Matanya terlihat terus berair saat menyaksikan penyerahan bantuan oleh Gubernur Sumsel dan rombongan.

Menurut Ibu dua anak itu kebakaran menghanguskan seluruh harta bendanya sehingga tidak ada yang tersisa satu pun.

“Alhamdulillah, terima kasih sekali. Bantuan Pak Gubernur ini bisa sedikit meringankan beban kami,” ujarnya penuh haru.

Diketahui kebakaran tersebut terjadi, Senin (25/1/2021) siang dan menghanguskan sebanyak 18 rumah. Akibat kejadian ini 23 KK dan 105 jiwa kehilangan tempat tinggal.(rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.