Anggota DPRD Tanjung Jabung dan Dinkes OKU Timur Belajar Penerapan PPK BLUD ke Muba

Kunjungan kerja Anggota DPRD Tanjung Jabung dan Dinkes OKU Timur

Sekayu, sumselupdate.com – Pelajari Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Provinsi Jambi dan Dinas Kesehatan OKU Timur melakukan kunjungan ke Kabupaten
Muba.

Kedatangan Wakil Ketua DPRD Tanjung Jamur Timur Saidina Hamzah SE bersama rombongan langsung diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba dr Azmi Dariusmansyah, MARS, melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Jonadi SKM MKes dan jajaran lainnya beserta 28 Puskesmas yang turut hadir secara virtual di Ruang Rapat Kantor Dinkes Kabupaten Muba, Kamis (30/9/2021).

Read More

Wakil Ketua DPRD Tanjung Jamur Timur memuji konsep penerapan PPK-BLUD Puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Muba yang dinilai berhasil menerapkan sistem berbasis pengelolaan keuangan yang mandiri.

Lanjutnya, kunjungan kerja dilakukan dalam rangka belajar mengenai implementasi peningkatan layanan kesehatan dalam penerapan PPK BLUD Rumah Sakit dan Puskesmas di Dinas Kabupaten Muba.

“Kami mempunyai 17 puskesmas namun Pola Pengelolaan Keuangan di BLUD masing-masing puskesmas belum sama sekali menerapkan PPK BLUD sama sekali, oleh karena itu kami datang langsung kesini ingin kaji banding implementasi peningkatan layanan kesehatan BLUD Rumah Sakit Dan Puskesmas,” jelasnya.

Dalam sambutannya Kabid Yankes Jonadi, SKM MKes menyambut baik kedatangan kunjungan dua rombongan sekaligus pada hari ini. Kunjungan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemkab Muba khususnya Dinas Kesehatan.

“Alhamdulillah Dinas Kesehatan Kabupaten Muba pada tahun ini telah melaksanakan 28 BLUD Puskesmas, ini semua tentunya berkat kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak baik lintas program maupun lintas sektor,” paparnya.

Lanjut Jonadi, Serangkaian proses yang dijalani mulai dari perumusan dasar hukum dan regulasi tak lepas dari peran serta, Kementarian Dalam Negeri RI, BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, dan tentunya yang paling penting berharga dari Pemkab Musi Banyuasin.

“Alhamdulillah berkat kegigihan seluruh tim baik dari puskesmas maupun Dinas Kesehatan September 2021 BLUD 28 Puskesmas Dinas Kesehatan dapat dilaksanakan dan merupakan kado manis di Ulang Tahun Kabupaten Musi Banyuasin Yang Ke-65,” ucapannya.

Jonadi, juga mengatakan bahwa menjalin komunikasi baik lintas program maupun lintas sektoral sangat penting dalam mendukung pelaksanaan program tersebut.

Sementara itu Plt Kadinkes OKU Timur Kabid Yankesmas Agusty Cipta Antice, SKM, MKM, menyampaikan, dirinya mendapat rekomendasi untuk belajar ke Kabupaten Muba terkait penerapan Puskesmas BLUD.

“Kami mendapat rekomendasi banyak dari berbagai pihak untuk melakukan study banding ke Kabupaten Muba dikarenakan Kabupaten Muba sebanyak 28 Puskesmas telah menerapkan PPK BLUD, maka dari itu hari ini kami ke Muba untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus belajar Puskesmas BLUD,” ujarnya. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.