3 Anggota Polri Lolos Seleksi Direktur Penyidikan KPK, Siapa Mereka?

Jakarta, Sumselupdate.com-Tiga anggota Polri tengah menatap jabatan strategis di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yaitu Direktur Penyidikan (Dirdik). Mereka lolos seleksi tahap pertama untuk jabatan itu.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan, hasil seleksi tersebut bersamaan dengan seleksi untuk tiga jabatan struktural lainnya yaitu Direktur Pengolahan Informasi dan Data (Pinda), Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas), dan Koordinator Wilayah (Korwil). Khusus untuk posisi Dirdik, tiga nama yang lolos itu berhasil menyisihkan tujuh orang lainnya.

Bacaan Lainnya

“Dari 10 kandidat Dirdik, yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni tiga orang yaitu Setyo Budiyanto, Nazirwan Adji Wibowo, dan Didik Agung Widjanarko,” kata Ali.

Dari penelusuran diketahui bila Setyo Budiyanto saat ini menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Plt Dirdik KPK. Setyo menyandang pangkat Brigjen.

Sementara Nazirwan diketahui merupakan seorang Kombes dengan jabatan saat ini sebagai Widyaiswara Muda Sespimti Polri. Sedangkan nama terakhir yaitu Agung Widjanarko diketahui sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan dengan pangkat Kombes.

“Seingat saya memang yang ngedaftar untuk calon Direktur Penyidikan itu hanya dari kepolisian, ada 10 orang,” ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango saat dihubungi terpisah.

Sementara untuk jabatan Direktur Pinda lolos dua orang, Direktur Dumas lolos empat orang, dan Koordinator Wilayah yang lolos sebanyak 18 orang. Ali mengatakan, kandidat yang mendaftar dalam seleksi jabatan struktural KPK itu berasal dari internal KPK, Kemenkumham, Kemenkeu, BPKP, Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, Kominfo dan BIN.

“Seluruh kandidat dalam seleksi ini berasal dari peserta yang bersumber dari Internal KPK, Kemenkumham, Kemenkeu, BPKP, Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, Kominfo dan BIN,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Nantinya, seluruh kandidat yang lolos itu akan mengikuti tes kesehatan. Para kandidat juga akan mengikuti wawancara dan presentasi makalah terkait visi, misi pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Untuk kandidat Dirdik dan Dir Pinda tanggal 23 Juli 2020, selanjutnya Wawancara tanggal 24 Juli 2020. Untuk Dir. Dumas Tes Kesehatan 28 Juli 2020 dan Wawancara 29 Juli 2020. Jadwal wawancara Koorwil 30 Juli 2020 dan 3-4 Agustus 2020,” katanya.(adm/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.