250 Juta Vaksin Covid-19 Siap Diproduksi Bio Farma Mulai Bulan Depan

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir

Jakarta, Sumselupdate.com – Persiapan produksi vaksin Covid-19 oleh Bio Farma akan dimulai sejak bulan November sampai dengan Desember 2020. Saat ini, kapasitas total produksi hilir vaksin Covid-19 ditargetkan mencapai 250 juta dosis pada tahun 2021.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengungkapkan persiapkan produksi vaksin ini akan dilakukan sambil menunggu uji klinis yang diperkirakan selesai pada awal tahun 2021. Kapasitas produksi pun telah ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya 100 juta dosis pada tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Apabila uji klinis vaksin Covid-19 tahap tiga lancar, maka Bio Farma akan mulai memproduksinya pada bulan Januari 2021 mendatang,” kata Honesti dalam keterangan pers virtual, Rabu (30/9/2020) seperti dikutip dari vivanews.

Hingga kini uji klinis tahap tiga vaksin Covid-19 hasil kerja sama Bio Farma dengan Sinovac telah berjalan satu bulan lebih dan melibatkan 1.620 sukarelawan. Menurut Honesti, sampai saat ini tahapan uji klinis berjalan lancar dan tanpa kendala yang signifikan.

“Uji klinis dijadwalkan berjalan selama tujuh bulan dan semua sukarelawan akan dipantau selama enam bulan ke depan. Targetnya awal tahun sampai Mei 2021 sudah selesai sehingga bisa didaftarkan ke BPOM,” ungkapnya.

Honesti menyebut untuk mempercepat akses vaksin ke masyarakat, Bio Farma akan mengajukan proses registrasi vaksin dengan menggunakan mekanisme Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) dengan persetujuan bersyarat pada 2021. (adm3/vvn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.