2019, Baznas OKI Pugar Empat Rumah Tidak Layak Huni

Selasa, 24 Desember 2019
Prosesi serah terima rumah yang telah dipugar milik Suhaimi bin M Ali (49) Tahun warga Sukadana Kecamatan Kota Kayuagung, Senin, (23/12/2019).

Kayuagung, Sumselupdate.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Komering Ilir melaksanakan program pemugaran rumah tidak layak huni.

Salah satu rumah yang telah dipugar dan diserahterimakan pada Senin (23/12/2019) adalah milik Suhaimi bin M Ali (49), warga Sukadana, Kecamatan Kota Kayuagung.

“Untuk tahun ini kami menyasar sebanyak empat unit RTLH di Kabupaten OKI,” kata Ketua Badan Amil Zakat Nasional, Nazir Bayd.

Dia menjelaskan, ke empat rumah tersebut dua rumah di Kecamatan Kayuagung masing-masing satu rumah di Kecamatan Sirah Pulau Padang dan Kecamatan Tulung Selapan.

Advertisements

Kabag Kesra Setda OKI, Reswandi menambahkan masing-masing sasaran program pugar rumah Baznas OKI, mendapatkan alokasi bantuan sebesar Rp20 juta, namun bantuan tidak diberikan dalam bentuk uang tunai melainkan dalam bentuk bahan bangunan.

“Selain itu kami juga memberikan ongkos tukang, agar penerima bantuan tidak terbebani lagi saat melakukan perbaikan rumah meskipun dengan pola swadaya,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, total alokasi dana untuk pelaksanaan program RTLH yang disiapkan tahun ini sebanyak Rp80 juta.

Dana tersebut bersumber dari zakat, infak dan sedekah yang dihimpun dari pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Kabupaten OKI serta donatur lainnya.

Dia berharap setiap tahun penerima manfaat bantuan RTLH bertambah, untuk mendukung percepatan penuntasan RTLH di OKI. Selain pugar rumah Baznas OKI juga memberikan bantuan modal usaha bagi warga kurang mampu. Besarannya berkisar Rp3,5 juta.

“Ini merupakan bantuan lunak. Mereka tidak perlu mengembalikan tapi disarankan agar hasil dagangnya itu dizakatkan kembali agar nantinya mampu membantu yang lain,” tukasnya. (ban/rel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.