Waspadai Modus Penipuan Berkedok Link Resi Kurir Paket, Rekening Bisa Terkuras!

Selasa, 6 Desember 2022

Jakarta, Sumselupdate.com – Otak-otak kriminal terus memperbaharui modus penipuannya. Terbaru, mereka memanfaatkan kebiasaan masyarakat yang sudah akrab dengan aktivitas belanja secara online.

Seperti yang viral di media sosial. Dugaan penipuan jenis ini disebutkan bisa membobol isi rekening korban pengguna mobile banking atau m-Banking.

Bacaan Lainnya

Akun Instagram @evan_neri.tftt menjadi yang pertama kali mengunggahnya pada Rabu (30/11/2022). Dirinya menjelaskan korban terlanjur mengklik dan mengunduh file mendapati saldo di mobile bankingnya ludes.

Padahal korban tak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun serta mengisi user ID atau password pada situs lain. Hal ini yang membuat dirinya menyebut aksi tersebut penipuan jenis baru.

“Korban mengaku tidak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun dan mengisi user Id maupun password pada situs lain,” tulis keterangan postingan.

Diduga dokumen yang dikirimkan pelaku tersebut merupakan exploit yang berjalan untuk mengambil data-data penting korban yang mampu mengakses mobile mbaking. Penipuan ini disebut dengan Sniffing.

“Diduga file yang dikirimkan oleh pelaku dan diunduh oleh korban tersebut adalah exploit yang berjalan dilatar belakang untuk mengambil data korban (seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password), atau istilah dalam dunia hacking disebut SNIFFING,” tutup keterangan postingan.

Lewat unggahan ini, akun @polrespasuruanofficial mengimbau warga agar lebih berhati-hati dengan modus kejatahan siber baru ini. Berharap agar tidak ada lagi korban dari modus penipuan tersebut.

Imbauan pihak J&T Express

Pihak J&T Express dalam akun Instagram resminya meminta masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan J&T Express.

“Sprinter J&T Express tidak pernah meminta J&T Friends untuk mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat. Aplikasi resmi kami hanya ada di App Store dan Play Store dengan nama pencarian ‘J&T Express’,” tulisnya, dikutip Senin (5/12/2022), seperti dikutip dari suara.com jaringan nasional sumselupdate.com

Kemudian, J&T Express juga meminta agar masyarakat selalu berhati-hati dengan modus aktivasi nomor resi/ cetak resi melalui transfer m-banking ataupun virtual account. J&T Express juga tidak pernah menagihkan biaya tambahan saat proses pengiriman berlangsung. (adm3/sur)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.