Waspada! Kualitas Udara di Palembang Berbahaya Dihirup Secara Langsung

Selasa, 19 September 2023
Akhmad Mustain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang

Palembang, Sumselupdate.com – Kualitas udara di Kota Palembang berbahaya untuk dihirup secara langsung berdasarkan nilai Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) terkini.

Kualitas udara buruk ini akibat asap dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang Akhmad Mustain mengatakan, penurunan kualitas udara terpantau sejak awal September ini.

“Per 19 September 2023 pukul 08.00 WIB tadi, berdasarkan parameter PM2.5, angka ISPU 117,” katanya, Selasa (19/9/2023).

Mustain mengatakan, angka tersebut menandakan kualitas udara tidak sehat, terutama untuk dihirup secara langsung. Sehingga masyarakat diingatkan untuk menggunakan masker.

“Meskipun kemarin ada hujan, ini masih sedikit, tidak berpengaruh, tapi memang angka ISPU saat ini cenderung menurun dari sebelumnya 141,” katanya.

Hujan akan berpengaruh jika intensitasnya secara masif dan berdampak pada lahan kebakaran hujan di luar Palembang tersebut.

Maka, sesuai arahan PJ Walikota Palembang Ratu Dewa, mengingatkan seluruh jajaran di kecamatan dan kelurahan untuk berperan aktif turun langsung memantau perilaku hidup masyarakat.

“Masyarakat diingatkan untuk tidak melakukan pembakaran sampah atau lahan agar dapat menekan pencemaran udara,” katanya. (iya)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.