Toleransi Tumbuhkan Kerukunan Setiap Anak Bangsa

Penulis: - Senin, 11 Maret 2024
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Jakarta, sumselupdate.com – Kerukunan antarumat beragama harus terus dipupuk dengan memperkokoh landasan toleransi, dengan menumbuhkan sikap saling menghormati terhadap hak dan kewajiban setiap warga negara.

“Sejumlah pelaksanaan acara keagamaan yang berbeda dan terjadi dalam waktu bersamaan merupakan bagian dari momentum memupuk nilai-nilai toleransi dan saling menghormati setiap anak bangsa dalam upaya mewujudkan kerukunan sesama umat beragama di tanah air,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/3).

Menurut Lestari, dengan keberagaman di berbagai bidang yang kita miliki, menumbuhkembangkan nilai-nilai toleransi dan saling menghormati antarsesama manusia merupakan sebuah kewajiban dalam proses berbangsa dan bernegara.

Rerie, sapaan akrab Lestari, berpendapat kebhinekaan yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa harus mampu dimanfaatkan sebagai bagian dari kekuatan yang kita miliki.

Menurut Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, upaya menjadikan beragam potensi dan sumber daya yang berbeda-beda menjadi satu kekuatan dahsyat harus konsisten dilakukan, dalam proses membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik.
Dia berharap pemahaman setiap anak bangsa mewujudkan kerukunan antarsesama dalam setiap aktivitas keseharian dapat ditingkatkan.

Baca juga : Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Perbanyak Kegiatan Sosial di Bulan Ramadhan

Sehingga, ujar Rerie, setiap warga negara berkontribusi positif dalam proses pembangunan di berbagai bidang untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur seperti diamanatkan konstitusi kita.

Pada kesempatan itu, Rerie juga mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu dan Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi umat muslim di tanah air.

Baca juga : Ketua MPR RI  Mendapat Gelar Dato’ Sri Utama dari Sultan Kotapinang XIV

Rerie berharap ketaatan setiap umat beragama dalam menjalankan ibadah dapat memperkokoh persatuan dan persaudaraan setiap anak bangsa di Indonesia. (duk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.