Tol Lubuk Linggau-Bengkulu, HK Berencana Bangun Terowongan di Bukit Barisan

Hasan Turcahyo saat menjelaskan perkembangan proyek tol di Sumsel.

Palembang, Sumselupdate.com – PT Hutama Karya atau HK mulai menggarap pengerjaan jalan tol yang menghubungkan Palembang ke Bengkulu dengan panjang 330 Km pada tahun 2019 ini. Bahkan, khusus dalam pengerjaan di sekitar ruas Tol Lubuk Linggau-Bengkulu, HK berencana membuat terowongan di Bukit Barisan.

“Untuk pembuatan terowongan itu ada 2 pilihan panjang terowongan, yang pertama sepanjang 6,675 Km dan terpendek sekitar 5,425 Km,” ucap Manager Proyek Divisi Tol PT HK, Hasan Turcahyo, Rabu (16/1/2019).

Bacaan Lainnya

Meski belum diputuskan berapa panjang terowongan dan penetapan lokasinya, ia mengatakan, teknik yang digunakan untuk pembuatan terowongan ini dengan metode/teknik pemboran sama seperti pembuatan terowongan di Pulau Jawa.

Dia menjelaskan, sejauh ini pun pihaknya sudah mempelajari topografi Bukit Barisan dan menilai jika pembuatan terowongan dapat dilakukan. Bukan hanya soal terowongan, pihaknya juga sudah mempertimbangkan pengembangan tata ruang.

Di mana, katanya, sejumlah pihak terkait dalam proyek pengerjaan Tol Palembang-Bengkulu juga telah dilakukan koordinasi, mengingat pembangunan proyek ini akan melintasi kawasan hutan, perkebunan hingga melewati jalur pipa gas.

“Selain Kepala Daerah, kami juga koordinasi dengan Pertamina EP II terutama untuk di kawasan Prabumulih,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Tol Palembang ke Bengkulu akan dihubungkan oleh ruas Tol Palindra sepanjang 22 Km (sudah selesai), Indralaya-Muaraenim (88 Km), Muaraenim-Lubuk Linggau (125 Km) dan Lubuk Linggau-Bengkulu (95 Km). (pra)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.