Tips Menghemat Kuota Internet Smartphone

Rabu, 27 Januari 2016
Cara Hemat Kuota Internet

Palembang, sumselupdate.com– Bagi Anda pengguna smartphone, dalam per bulan berapa kouta internet yang kamu habiskan untuk berselancar di dunia maya? Kalau sudah berlebihan, itu berarti Anda masih harus lebih bijak lagi dalam mengelola pemakaian kuota internet sehingga efisien.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar pemakaian kuota internet di smartphone Anda bisa hemat:

1. Hindari aktivitas penyebab kuota menjadi boros
Hindari aktivitas yang menguras kuota terlalu cepat, antara lain men-download dan meng-upload file berukuran besar seperti film, mp3, dengan kualitas HD, game ataupun aplikasi. Bila sangat diperlukan untuk mengupload dan men-download file besar, usahakan gunakan fasilitas WiFi, yang telah banyak dijumpai di banyak tempat umum.

Namun yang perlu Anda ingat ketika menggunakan fasilitas WiFi di tempat umum adalah jangan lakukan hal-hal pribadi, seperti membuka internet banking atau email pribadi untuk menghindari cybercrime. Gunakan mode incognito dan aktifkan fitur do not track.

2. Gunakan fasilitas pengatur limit data pada smartphone
Dalam smartphone biasanya terdapat pengaturan “data usage”. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk mengatur penggunaan kuota Anda. Aktifkan data seluler, lalu tentukan penggunaan data dari dan sampai kapan, semisal dalam satu bulan. Nantinya ketika penggunaan kuota Anda melebihi ketentuan batas, secara otomatis smartphone Anda akan memberitahukannya.

3. Nonaktifkan menu automatic download
Buka aplikasi Playstore, lalu buka menu dan pilih setting. Hilangkan tanda ceklis pada notifications, pilih auto update apps, dan terakhir pilih do not auto update. Hal ini penting agar smartphone Anda tidak mendownload dan meng-update aplikasi tanpa seijin Anda.

4. Gunakan apps browser yang hemat kuota dan mengompres iklan
Seringkali ketika kita sedang browsing muncul iklan berkerumun menutupi layar ponsel. Selain mengganggu, hal tersebut membuat penggunaan kuota terkuras dan membuang waktu ketika kita hendak mencari informasi di dalam web browser.

5. Matikan akses data seluler ketika beristirahat
Saat Anda akan tidur, hendaknya matikan koneksi data seluler. Selain efektif untuk menghemat kuota, mematikan data seluler juga membantu menjaga kualitas tidur Anda dari paparan sinar radiasi smartphone yang terus keluar-masuk data. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.