Tingkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Publik, Siswa SMAN 1 Sirah Pulang Padang Ikuti Pelatihan Pewara

Siswa-siswi SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang, OKI mengikuti pelatihan pewara yang digelar dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang, Senin (16/11/2020).

Kayuagung, Sumselupdate.com – Guna meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik dan berbicara interpersonal, sebanyak 45 siswa-siswi kelas 11 dan 12  SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti pelatihan menyampaikan berita atau dikenal dengan pewara.

Program pelatihan pewara ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang yang digelar pada Senin (16/11/2020).

Bacaan Lainnya

Tim PkM ini diketuai oleh  Dr Siti Rukiyah, MPd dengan anggota Dr Yenny Puspita, MPd, Juaidah Agustina, MPd, Hayatun Nufus, MPd, Agus Heru, MPd, Zainal Abidin, MPd, dan Dr Puspa Indah Utami MPd.

Berkas MoU ditandatangani Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd dan Kepala SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang, Yuliarti Effendy, MPd.

PkM ini juga dikuti oleh dua mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRi Palembang, Melia Even Aria dan Miranda Gandini.

Di sela kegiatan PkM yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 itu dibarengi dengan sosialisasi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dengan SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang Kabupaten OKI.

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dan Kepala SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang Yuliarti Effendy, MPd.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menyerahkan kenang-kenangan berupa buku kepada Kepala SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang, Yuliarti Effendy, MPd.

Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 50 persen.

Sukardi menambahkan bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Dr Siti Rukiyah, MPd menjelaskan jika PkM ini dilakukan sebagai perwujudan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi Dosen Universitas PGRI Palembang LLDikti Wilayah II Palembang.

“Sasaran pelaksanaan PKM ini adalah para dosen dapat menerapkan dan mengembangkan kemampuan akademik yang dimilikinya. Selain itu, setelah mengikuti pelatihan ini para siswa diharapkan dapat membuat majalah dinding dan merupakan salah satu cara untuk merangsang, menumbuhkan keberanian, kepercayaan diri para siswa dalam mengeluarkan ide, gagasan serta pikiran yang dimilikinya, sehingga mampu berbicara serta memiliki kemampuan dalam membawakan acara,” ujarnya.

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang berfoto bersama.

Dengan demikian, Siti Rukiyah berharap kegiatan ini akan membuat siswa menjadi lebih percaya diri, berani, kreatif, dan mampu menuangkan ide pemikirannya dalam membawakan susunan acara.

Adapun materi dalam pelatihan pewara masing-masing Keterampilan Berbahasa; Berbicara dan Pewara disampaikan Juaidah Agustina, MPd.

Materi mengenai Peran dan Fungsi Pewara disampaikan oleh Dr Yenny Puspita, MPd, Jenis-jenis Pewara oleh Hayatun Nufus, MPd, Teknik Pewara oleh Agus Heru, MPd, Penyusunan/Skenario Acara oleh Dr Siti Rukiyah, MPd dan Zainal Abidin, MPd, dan materi mengenai Teknik Opening Ceremony disampaikan oleh Dr Puspa Indah Utami, MPd. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.