Tes Covid-19 Molekuler Isotermal, Lebih Akurat dari Rapid Test dan Cepat dari Swab

Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady.

Palembang, Sumselupdate.com – Rapid Test yang selama ini dikenal, menjadi pemeriksaan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sering digunakan, tapi dengan tingkat akurasi paling rendah sekitar 18 persen.

Swab test, masih menjadi metode paling dipercaya. Pemeriksaan menggunakan PCR disebut metode yang paling akurat, tapi membutuhkan waktu yang lebih lama dan lebih rumit.

Bacaan Lainnya

Tapi, kini satu metode lagi yang disebut lebih cepat dari Swab dan punya akurasi tinggi dari Rapid test, yakni tes Molekuler Isotermal. Metode ini mulai diperkenalkan di Rumah Sakit Siloam termasuk di Palembang.

Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady, Selasa (24/11/2020) mengatakan, tes Molekuler Isotermal merupakan metode terbaru deteksi Covid-19 dengan performa tinggi.

Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (Swab) nasofaring, dimana metode tes Molekuler Isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95.0 persen dan spesifisitas 97.9 persen.

Menurutnya, performa tes dengan alat Abbott ID Now ini telah terbukti secara global dalam penerapan uji Covid-19, khususnya dalam hal waktu proses pemeriksaan 5 menit untuk hasil positif dan 15 menit untuk hasil negatif.

“Keunggulan lainnya yakni, kesalahan hasil tes  yang minim serta teknologi dari Amerika Serikat yang telah tersertifikasi FDA EUA, CLIA Waived, dan CE Eropa,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Tes Molekuler Isotermal, tersedia di seluruh rumah sakit Siloam Hospitals Group mulai dari Rp999.000 (minimum 10 orang). Selain digunakan untuk pasien dengan onset gejala kurang dari tujuh hari, tes ini sangat sesuai digunakan untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap.

“Dengan sifatnya yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja,” katanya.

Sejauh ini, untuk penanganan kesehatan di masa pandemi, pihaknya telah menyediakan tes Covid-19 yang komprehensif mulai dari tes antibodi yakni Rapid Tes dan Serologi, Antigen yakni Swab Antigen, hingga Molekuler yakni RT-PCR dan Isotermal. (Iya).

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.