Terkikis Air Sungai Ogan, Puluhan Rumah Warga Desa Kedondong OKU Nyaris Roboh

Puluhan rumah warga Desa Kedondong, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU, Sumsel nyaris roboh dan masuk sungai akibat tergerus aliran Sungai Ogan, Sabtu (17/4/2021).

Laporan: Armizwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Puluhan rumah warga Desa Kedondong, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan nyaris roboh dan masuk sungai akibat tergerus aliran Sungai Ogan.

Bacaan Lainnya

Nah, pada dinihari tadi, Sabtu (17/4/2021) menjelang sahur warga dikejutkan beberapa  bagian belakang rumah  warga yang ambrol.

Tak pelak, peristiwa ini mengakibatkan warga takut  menempati rumahnya yang yang berada pinggir Sungai Ogan.

Menurut warga setempat dahulu rumah mereka jauh dari Sungai Ogan, akan tetapi seiring waktu saat ini sudah sangat dekat bahkan beberapa rumah sudah sangat terancam roboh.

Tanah di aliran Sungai Ogan terkikis saat air sungai pasang dan arusnya sangat deras. Lama-kelamaan tanah habis akibat terkikis oleh air dan longsor.

“Selama ini tidak ada perhatian, ini rumah kami satu satunya mau kemana lagi kami pindah kalau rumah sudah roboh,” ujarnya sedih.

Dikatakan dia, selama ini tidak ada  upaya pemerintah untuk mengantisipasi longsor.

“Dulu memang dipasang bronjong tapi tidak lama sudah ikut longsor, kami sangat berharap upaya pemerintah untuk mengantisipasi kejadian yang terus mengancam warga setempat,” ucapnya.

Pantauan di lapangan, bukan hanya rumah warga yang terancam ambrol, namun satu jembatan yang menghubungkan Kecamatan Peninjauan hingga Kabupaten Ogan Ilir, terancam ambruk.

“Jika tidak diupayakan antisipasi bukan tidak mungkin akses jalan setempat  bisa terputus,” kata warga Desa Kendondong lainnya. (**)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.