Terdeteksi, Imigran Mulai Menetap di Bogor

Sabtu, 13 Februari 2016
Ilustrasi Imigran Bangladesh

Bogor, Sumselupdate.com – Sejumlah warga negara asing (WNA) imigran pencari suaka dari berbagai negara konflik, kini mulai memasuki Kota Bogor.

“Mungkin di Puncak sudah padat, makanya banyak yang datang, dan lebih memilih tinggal di Kota Bogor yang fasilitasnya lebih lengkap,” kata Kasubag Humas Polres Kota Bogor, AKP Maman Firmansyah usai melakukan pendataan Imigran, di Indraprasta, Kelurahan Bantar Jati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jumat (12/2/2016) kepada wartawan sebagaimana dikutip dari laman kompascom.

Bacaan Lainnya

AKP Maman mengatakan, pendataan dilakukan untuk memastikan kondusifitas sejumlah wilayah, terutama kontrakan yang dihuni oleh para imigran.

“Kemarin kita baru tahu, ternyata lebih dari empat imigran laki-laki berusia dewasa, yang tinggal di sebuah kontrakan di Indraprasta. Makanya kita harus data semua kontrakan yang dihuni WNA,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, keberadaan para Imigran itu dilindungi oleh United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Usianya juga beragam, mulai dari remaja, muda-mudi, hingga pasangan suami istri, yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Bogor.

“Ada juga di Cibuluh, pasangan suami istri asal Irak, mempunyai anak. Sedangkan di wilayah Cimaphar, ada lima imigran laki-laki yang berasal dari Banglades,” urainya.

Untuk menjaga agar wilayah yang ditempati para imigran tetap kondusif, pihak kepolisian setempat melalui Babinkamtibmas, berkoordinasi dengan RT atau RW menjaga ketertiban wilayahnya.

Sementara itu, Babinkamtibmas Kelurahan Bantarjati, Aiptu Ifan musyarief mengatajan, pengamanan akan rutin dilakukan untuk meminimalisir permasalahan sosial, maupun kamtibmas dengan keberadaan orang asing tersebut.

“Karena perbedaan bahasa dan budaya, perlu adanya penyesuaian dan saling toleransi dalam pergaulan sehari-hari. Apalagi, masih ada sejumlah warga yang masih belum biasa dengan adanya orang asing di lingkungannya,” kata dia. (adm3)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.