Target Capaian Vaksin Anak Pemkot Palembang Tidak Tercapai, ini Alasannya

Palembang, Sumselupdate.com — Pemerintah Kota Palembang menargetkan vaksinasi 171.251 anak selesai dalam 10 hari, tidak tercapai. Hal ini sebab capaian saat ini baru 39 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Fenty Aprina mengatakan, sejauh ini vaksinasi anak tidak banyak kendala karena pelaksanaannya dilakukan di sekolah.

Read More

“Vaksin anak ini pakai Sinovac. Jika tidak di sekolah, orang tua dan anak bisa mendatangi puskesmas, capaiannya masih rendah baru 39 persen,” katanya, Senin (23/1/2022).

Fenty mengatakan, masih rendahnya capaian ini karena stok vaksin yang tidak banyak meskipun sudah ditargetkan oleh walikota dalam 10 hari bisa selesai sejak 14 Januari lalu.

“Stok vaksin Sinovac kita lajunya agak kurang, sekarang tidak bisa direalokasi misalnya jika sudah punya kabupaten itu tidak bisa direalokasikan ke kabupaten kota lainnya, dulunya bisa,” katanya.

Pemerintah Kota Palembang terus mengejar percepatan vaksinasi, saat ini capaian vaksinasi dosis 1 hampir mencapai 90 persen lebih.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fenty Aprina mengatakan percepatan vaksinasi saat ini terus dikejar.

“Ya, alhamdulilah saat ini capaian vaksinasi dosis 1 kita sudah hampir 100 persen dan terus kita kejar agar upaya percepatan vaksinasi,” katanya.

Sementara untuk vaksin lansia Dinkes berupaya dengan door to door ke setiap rumah lansia. Capaiannya sekarang baru 59 persen lansia dan ini cukup lambat karena usia 60 tahun ke atas biasanya punya komorbid (penyakit penyerta) seperti jantung dan diabetes.

“Untuk lansia juga diprioritaskan untuk vaksin booster walaupun belum begitu banyak yang vaksin. Masyarakat umum pun sudah bisa jika sudah punya e-tiket yang dilihat di aplikasi PeduliLindungi,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.