Tahan Imbang Vietnam, Timnas Indonesia Bertahan di Puncak Grup B

Sujud syukur Timnas saat mengalahkan Laos dalam Piala AAFF 2020 lalu.

Singapura, Sumselupdate.com – Duel sengit antara Timnas Indonesia vs Vietnam tersaji di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB. Dalam laga itu, kedua harus puas berbagi poin setelah bermain imbang tanpa gol.

Dengan tambahan satu poin, Timnas Indonesia bertahan di puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020. Sementara Vietnam menempati posisi kedua.

Jalannya Pertandingan

Berhadapan di Bishan Stadium, Indonesia yang langsung menekan di awal pertandingan mendapat peluang di menit ke-4. Akan tetapi, peluang tersebut kandas setelah bola dimentahkan kiper lawan.

Perlahan tapi pasti, Vietnam mulai mengambil alih penguasaan bola. Tekanan pun dilancarkan The Golden Star.

Tekanan yang dilancarkan Vietnam berhasil membuat lini belakang Indonesia kerepotan. Di menit ke-8, tendangan keras dilepaskan Quang Hai, namun bola melambung di atas mistar.

Memasuki menit ke-19, Quang Hai kembali melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, bola melambung di atas mistar Nadeo Argawinata.

Di menit 29, Quang Hai lagi-lagi membuat lini belakang Indonesia ketar-ketir. Lolos dari kawalan, Quang melepas tembakan dari sisi kanan kotak penalti. Kali ini bola berhasil di amankan Nadeo.

Gawang Nadeo kembali terancam di menit 37. Lewat skema tendangan penjuru, bola lambung di arahkan ke depan gawang Indonesia.

Namun Van Duc yang dituju gagal menanduk bola setelah Nadeo lebih dulu meninju si kulit bundar.

Timnas Indonesia yang berusaha keluar dari tekanan, mendapat peluang lewat tendangan bebas di menit 38. Sayang, peluang tersebut menjadi sia-sia setelah bola melayang jauh dari sasaran. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong mengubah strategi. Rachmat Irianto ditarik keluar dan Evan Dimas masuk sebagai pengganti.

Dua menit bola bergulir di babak kedua, Vietnam nyaris saja mengubah skor. Lolos dari kawalan Quang Hai melepaskan umpan terobosan dari sisi kiri kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, Van Duc yang dituju gagal menyambar bola yang bergulir di depan gawang Nadeo.

Di menit 56, tendangan dilepaskan Ezra Walian dari luar garis kotak penalti Vietnam. Sayang, bola berhasil diblok pemain lawan.

Dua menit berselang, Van Duc mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang bola melebar dari tiang gawang.

Tekanan terus dilancarkan pemain Vietnam. Kerja sama satu dua di kotak penalti Indonesia nyaris berbuah gol jika Nadeo terlambat bereaksi dalam mengamankan bola.

Pergantian pemain kembali dilakukan oleh Shin Tae-yong. Asnawi yang sudah mengantongi satu kartu kuning ditarik keluar dan digantikan oleh Febrianto di menit 70.

Irfan Jaya juga ditarik keluar di menit ke-74. Pemain muda Ramai Rumakiek pun dipercaya untuk mengisi lini depan Skuad Garuda.

Pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae-yong mulai menampakkan perubahan dalam permainan. Skuad Garuda mulai bisa mengimbangi Vietnam.

Akan tetapi masalah baru datang. Witan yang memainkan peran penting di sisi kanan harus ditarik keluar di menit 79 akibat cedera. Yabes Roni pun masuk untuk mengisi pos yang ditinggalkan Witan.

Pertandingan semakin sengit selepas menit 80. Vietnam mulai melakukan kesalahan, dan hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh para penggawa skuad Garuda.

Lewat umpan-umpan panjang, Indonesia mulai terlihat leluasa dalam menekan lewat sisi lapangan. Meski belum tercipta peluang.

Vietnam pun tidak tinggal diam. Pergantian pemain dilakukan pelatih Park Hang-seo untuk mengembalikan dominasi serangan The Golden Star.

Selepas menit ke-90, Vietnam semakin gencar. Mengurung pertahanan Indonesia, beberapa kali tendangan dilepaskan namun tak juga berhasil meruntuhkan pertahanan skuad Garuda. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.