Sungai Rupit Meluap, Desa dan Kelurahan Karang Dapo Terendam Banjir

Kondisi Desa Karang Dapo yang terendam banjir akibat melupanya Sungai Rupit

Muratara, Sumselupdate.com – Desa dan Kelurahan Karang Dapo, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terendam banjir, Selasa (4/2/2020).

Banjir yang merendam Desa dan Kelurahan Karang Dapo disebabkan meluapnya sungai Rupit akibat curah hujan tinggi. Saat ini ketinggian air diperkirakan satu meter.

Bacaan Lainnya

Apriansyah (27) warga Desa Karang Dapo mengatakan, air mulai merendam Desa dan Kelurahan diperkirakan sekitar pukul 02.00 wib.

“Sampai dengan saat ini kondisi debit air semakin naik, hingga batas dada orang dewasa. Terkait kerugian belum dapat diketahui, karena posisi air pasang juga tenang,” terangya.

Hal senada ungkapkan Selvi Anggraini, (22) warga kelurahan Karang Dapo. Bencana banjir, kata Selvi sudah menjadi agenda tahunan masyarakat. “Bagi kami bukanlah hal yang aneh lagi, karena sudah biasa,” ujarnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini belum ada kerugian pribadi baik itu materi ataupun jiwa akibat banjir tersebut. Namun kondisi tersebut membuat khawatir karena kondisi wilayah di area tersebut sangatlah rendah.

“Dari beberapa tempat di daerah kelurahan dan desa, tempat kami yang paling duluan mengalami kebanjiran,” papar Selvi.

Terpisah Kepala Desa Karang Dapo I, Umar Aziz, belum bisa memberikan keterangan yang mendetail, terkait banjir yang sedang melanda warganya,

“Saya menghimbau kepada masyarakat khususnya di desa karang Dapo satu, untuk berhati-hati, meskipun bencana alam seperti banjir ini suda menjadi hal yang biasa,” imbaunya.

Untuk kerugian sendiri, dirinya belum disampaikan, sebab posisi air baru datang malam tadi. “Belum ada masyarakat yang melapor atas bencana yang sedang terjadi,” sambungnya.

Ia meminta kepada masyarakat sebelum terjadinya hal-hal yang merugikan baik itu di segi materi ataupun jiwa agar tetap harus waspada. “Takutnya datang kiriman air dari hulu sungai, yang mengakibatkan volume air naik,” pungkasnya.(ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.