Sukses Kelola Keuangan, Sumsel Raih Opini WTP Tujuh Kali Berturut-Turut

Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI atas hasil laporan keuangan Provinsi Sumatera Selatan yang akuntabel dan transparan Tahun Anggaran 2020.

Palembang, Sumselupdate.com –  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali  diganjar penghargaan berupa Opini    Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)   dari   Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas  hasil  laporan keuangan Provinsi Sumatera Selatan  yang akuntabel dan transparan Tahun Anggaran 2020.

Opini WTP kali ini merupakan  yang ke tujuh kalinya secara berturut-turut didapat  oleh Pemprov Sumsel.

Bacaan Lainnya

Hal itu  ditandai dengan  diserahkannya  hasil pemeriksaan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)  RI Perwakilan Sumsel pada  rapat istimewa DPRD Sumsel dengan agenda penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atau laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemerintah Provinsi Sumsel TA 2020 di ruang rapat Paripurna DPRD Sumsel, Rabu (19/5/21).

Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI

Wakil Ketua BPK RI, Agus Joko Pramono mengatakan, pemeriksaan keuangan bertujuan memberikan opini tentang kewajaran informasi laporan keuangan sesuai standar pemerintah, serta kepatuhan undang-undang.

“Terkait laporan keuangan Provinsi Sumsel TA 2020, Pemprov Sumsel mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini menjadi capaian tertinggi yang diberikan BPK,” ucapnya.

Pihaknya juga memberikan ucapan selamat kepada Provinsi Sumsel atas capaian yang telah didapat tersebut. Pihaknya  terus berupaya meningkatkan peran BPK agar hasil audit bisa bermanfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat.

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasihnya pada  tim auditor BPK atas kerja yang telah dilakukan dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan pemerintah Provinsi Sumsel TA 2020.

“Opini WTP ini diharapkan bisa memotivasi kita agar dapat  bekerja lebih baik, demi mewujudkan tata kelola keuangan  akuntabel dan transparan,” ujarnya.

Herman Deru mengaku, prestasi yang telah diraih tersebut  patut untuk disyukuri, dan tidak menjadikan serta menimbulkan perasaan jemawa.

“Opini WTP ini  harus dapat kita jadikan sebagai  penyemangat  dalam melaksanakan tugas agar lebih baik lagi ke depannya,” imbuhnya.

 

Di lain pihak  Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati  saat memimpin sidang paripurna juga memberikan ucapan selamat  pada jajaran Pemprov Sumsel  atas capaian prestasi yang telah diraih.

Menurut Anita , proses pemeriksaan keuangan bertujuan untuk menilai kebenaran dalam mendukung good government.

“Kita ucapakan selamat kepada Provinsi Sumsel. Semoga pemerintah provinsi bisa mempertahankan opini WTP ini dimasa mendatang,” harapnya. (adv)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.