Siapkan Anggaran, Pemprov Sumsel Kejar Pembebasan Lahan Musi IV dan VI

Proyek Jembatan Musi IV

Palembang, sumselupdate.com – Pada tahun 2019 proses pembebasan lahan dua proyek infrastruktur di Kota Palembang masing-masing Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI dikebut penyelesaiannya.

Untuk proses tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah mengalokasikan dana sebesar Rp32 Miliar untuk dana pembebasan lahan sejumlah proyek infrastruktur, termasuk dua jembatan di atas.

Bacaan Lainnya

Seperti untuk jembatan Musi IV, meski proyek fisik telah rampung, namun untuk akses jalan menuju jembatan masih menyisakan pekerjaan pelebaran jalan yang terganjal masalah ganti rugi.

Sekretaris Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan, Megawaty, mengungkapkan, ditahun 2018 sebanyak 21 persil lahan sudah diganti rugi untuk pelebaran akses jalan Jembatan Musi IV dari Jl KH Azhari menuju Jl A Yani dengan menghabiskan dana sebesar Rp9,7 miliar.

Megawaty mengatakan, masih tersisa sebanyak 136 persil lahan yang belum dibebaskan agar pelebaran jalan menuju musi IV dapat dilakukan, dan terkait hal ini Pemprov Sumsel telah menyiapkan anggarannya.

“Kami hanya tinggal menunggu DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran-red) nya keluar. Setelah DPA keluar dan bila warga menerima nilai ganti rugi yang telah ditentukan oleh KJPP (Kantor Jasa Penilaian Publik-red) maka akan segera diganti,” ujar Megawaty di Palembang, Jumat (18/1/2019).

Sementara untuk proyek fisik Jembatan Musi VI masih menyisakan 52 persil lahan yang belum dibebaskan yang terdiri dari 19 persil di sisi seberang ilir dan 7 persil di sisi seberang ulu. Sementara untuk pembangunan jalan akses menyisakan 26 persil yang belum diganti rugi.

“Untuk Musi IV, ada sebagian persil lahan yang belum dinilai oleh KJPP, jadi kebutuhan anggarannya mungkin masih bisa berubah,” jelas Megawaty.

Megawaty berharap proses pembebasan lahan dapat berjalan lancar sehingga proyek fisik dan akses jalan menuju jembatan dapat segera rampung agar fungsi jembatan dapat optimal untuk mengurai kemacetan yang ada di Kota Palembang, khususnya lalulintas di Jembatan Ampera.

Sementara itu, sejumlah proyek infrastruktur lainnya seperti Jembatan Muara Keling di Musi Rawas dan Jembatan Muncak Kebau di OKU juga masuk dalam daftar pembebasan lahan infrastruktur tahun ini.

“Untuk kelancaran semua itu, tentu kami sangat berharap dukungan dari warga. Mudah-mudahan warga bisa menerima nilai ganti rugi yang telah ditetapkan oleh KJPP sehingga proses pembangunan fisik berjalan lancar karena ini demi kepentingan yang lebih luas. Kita tentu bangga dengan dua jembatan ini, semoga dapat segera berfungsi dengan optimal,” tutupnya. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.