Si Jago Merah Mengamuk, Enam Rumah Milik Warga Muba Hangus Terbakar

Kebakaran di Sekayu, Rabu (30/12/2020) dinihari.

Laporan: Edi Setiawan

Sekayu, Sumselupdate.com – Kebakaran hebat terjadi kawasan penduduk yang berada di Jalan Lintas Sekayu–PALI tepatnya di seberang Jembatan Musi, Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Bacaan Lainnya

Dalam peristiwa yang terjadi, Rabu (30/12/2020), sekitar pukul 02.00 WIB ini, sebanyak enam unit warga hangus dilahap si jago merah.

Belum diketahui pemicu timbulnya kobaran api. Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Muba yang dikerahkan berhasil menjinakkan amukan api.

Adapun keenam rumah yang sudah berubah menjadi arang itu adalah milik Tarmizi, Zulkarnain, Lukman Hakim, M Nuh, Nur’Aini, dan Hendra.

Salah satu warga setempat Tiara (25) mengatakan, api dengan cepat menyebar dikarenakan rata-rata rumah yang terbakar semi permane sehingga mudah terbakar.

“Ada rumah keluarga kami yang terbakar. Api tersebut dengan cepat merambat ke rumah lain karena rumah kebanyakan semi permanen,” ujar dia.

Kebakaran di Sekayu, Rabu (30/12/2020) dinihari.

Dikatakannya, diduga kuat asal api berasal dari arus pendek listrik dari salah satu kediamana warga sehingga mengakibatkan munculnya percikkan api.

Plt Kadinsos Muba H Ahmad Nasuhi mengungkapkan, berdasarkan komitmen Bupati Muba, pihaknya bersama TNI-Polri, BPBD Muba, Camat Sekayu, Baznas dan instansi lainnya segera melakukan pendataan kepada korban kebakaran.

”Direncanakan kami akan segera ke lokasi untuk mendata beberapa warga yang akan diberikan bantuan tanggap darurat dan alhamdulilah bantuan sudah kita persiapkan,” ujar Nasuhi.

Menurutnya, bantuan itu berupa pakaian dan sembako serta bantuan lainnya yang diperkirakan cukup untuk dua hingga tiga minggu ke depan.

”Untuk permasalahan tempat tinggal, tadi sudah disampaikan oleh Pak Sekda untuk sementara kita alihkan dulu di rumah singgah. Apabila masih belum tercukupi kita siapkan Rumah Dinas Dinsos Muba,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Baznas Muba Dr Lukmanul Hakim mengatakan, bantuan dari Baznas Muba untuk enam kepala keluarga  masing-masing mendapat aket sembako berupa beras 20 kg dan lain-lain senilai Rp500 ribu dan uang tunai Rp1 juta.

Kondisi di lokasi kejadian pasca kebakaran.

Camat Sekayu Marko Susanto usai penyerahan bantuan kepada korban kebakaran mengatakan, Sekda, Kadinsos, TNI-Polri, BPBD, dan Baznas Muba sudah melakukan pengecekan ke lokasi kebakaran.

”Kami atas nama masyarakat dan pemerintah kecamatan Sekayu turut perihatin atas kejadian ini, semoga korban diberikan ketabahan dan kesabaran menghadapi segala ujian dari-Nya,” harapnya.

Sementara itu, pagi tadi Pemkab Muba di bawah komando Sekda Drs H Apriyadi Mahmud, MSi langsung bergerak memberikan bantuan kepada korban.

Bantuan itu berupa paket sembako, peralatan masak, selimut, matras, dan bantuan uang serta makanan dari Baznas Muba. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.