Sepanjang Januari–Juli 2016, Beni Hernedi Sudah Lakukan Enam Kali Pelantikan Pejabat

Plt Bupati Muba Beni Hernedi melantik pejabat di lingkungan Pemkab Muba. Pelantikan ini merupakan rangkaian proses mutasi pejabat yang kesekian kalinya sepanjang Januari sampai Juli 2016.

Sekayu, Sumselupdate.com –Sepanjang dari bulan Januari sampai dengan hari ini, setidaknya Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi sudah melakukan enam kali pelantikan terhadap pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba.

Pergeseran rotasi jabatan pejabat tersebut tak lain diklaim untuk menjalankan rekomendasi dari KASN.  Selama menjabat Plh. Bupati Muba, Beni Hernedi sudah tiga kali melakukan mutasi pegawai, berikut catatannya.

Bacaan Lainnya

Pelantikan pertama kalinya dilakukan pada  tanggal 29 Januari 2016 dengan Surat Keputusan Bupati Nomor: 821.2/01/KEP/BKD.DIKLAT/ 2016, sebanyak  37 Pejabat yang dilantik, di antaranya pejabat eselon II sebanyak  4 Orang dan selebihnya eselon III.

Selanjutnya pelantikan kedua yakni dilakukan hanya berselang sebelas hari, yakni pada tanggal 10 Februari 2016, dengan  Surat Keputusan Bupati No: 821.2/02/KEP/BKD.DIKLAT/2016, pada pelantikan ini sebanyak  66 pejabat dilantik di antaranya  4 orang eselon II  selebihnya eselon III dan IV.

Sebulan kemudian  pelantikan kembali jilid III dengan Surat Keputusan Bupati Nomor: 821.2/03/KEP/BKD/DIKLAT/2016, Tanggal 10 Maret 2016, hasilnya sebanyak  147 pejabat dilantik sebanyak 5  orang eselon II selebihnya eselon III dan IV.

“Saya telah mengembalikan dan pengangkat kembali aparatur sipil negara yang tidak sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatus Sipil Negara. Semuanya sudah selesai dilaksanakan, walaupun ada beberapa tempat yang dinilai masih kurang sesuai,” ujar Beni, Jumat (11/3).

Kemudian berlanjut dengan pelantikan yang keempat kalinya yakni berdasarkan Surat keputusan Bupati Muba dengan nomor 821.2/20/KEP/BKD.DIKLAT/2016 tanggal 12 Juli  2016. Hasilnya Kali ini sebanyak 15 pejabat yang dilantik di antaranya sebanyak  5  eselon II, sembilan eselon III, dan Sekda.

“Hari ini resmi saya melantik lima pejabat yang lulus tes lelang JPT, sementara  sisanya masih ada empat lagi yang belum dilantik, dan juga ada pejabat esselon II dan III yang dirotasi,” kata Beni Hernedi dalam sambutannya di Ruang Auditrorium Pemkab Muba,  Selasa (12/7).

Selanjutnya Rabu (13/7) merupakan pelantikan yang ke lima, sebanyak 7 pejabat esselon II, dua orang di antaranya pejabat  JPT. Kemudian, pejabat esselon III sebanyak  21 orang dan pejabat esselon IV sebanyak  tujuh  orang.

“Ya, kita kembali melantik pejabat yang ikut lelang jabatan, tapi hanya dua orang yakni Dinas PU Cipta Karya yang sebelumnya dijabat oleh Mursalin merangkap Plt kini menjadi definitif, sedangkan Kepala BPMPD sebelumnya dijabat oleh Bustanul Arifin merangkap seketaris, kini diisi oleh Habiburahman yang sebelumnya menjabat Camat Lawang Wetan. Sedangkan sisanya lagi masih ada dua pejabat JPT yang belum dilantik,” ungkap Beni dalam sambutannya saat melantik pejabat eselon dan camat, Rabu (13/7).

Kemudian pada Jumat (15/7/2016), di Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa,   Plt. Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi kembali melakukan pelantikan pejabat struktural,  sebanyak  47 orang pejabat struktural Pemkab Muba dan peresmian perubahan status Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil dari tenaga honorer kategori I dan II yang berjumlah 81 orang.

Dari 50 orang pejabat struktural Pemkab Muba yang diambil sumpahnya terdiri dari dua orang pejabat eselon II.b, empat orang pejabat eselon III.b, 25 orang pejabat eselon IV.a dan 16 orang pejabat eselon IV.b.

Pejabat eselon II.b yakni Hj Asmarani SSos MSi sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang merupakan hasil dari seleksi terbuka lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama beberapa waktu lalu, dan H Rusydan, SH, MHum Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Muba.

Kemudian pejabat eselon III b di antaranya Sazili, SE (Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat pada Satpol PP), Rio Aditya, SIP (Sekretaris Kantor Kecamatan Plakat Tinggi).

Kemudian, Emilya Afrianita, SSTP (Sekretaris Kantor Kecamatan Sungai Keruh) dan Ir Untung Surapati, MT sebagai Kepala Bidang Program Anggaran dan Data pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Muba.

Informasi yang dirangkum, Selasa (19/7) atau Rabu mendatang bakalan ada pelantikan selanjutnya yakni pelantikan jilid ke VII.

Dari beberapa kali pelantikan tesebut, yang menjadi sorotan publik yakni Pelantikan Jilid III  yang  di nilai bermasalah, karena di nilai belum ada restu dari Kementrian Dalam Negeri,   hingga melampaui kewenangannya . Maka keluarlah surat dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor: 820/1925/OTDA Tanggal 4 Maret 2016, Tentang Penjelasan Kewenangan Plt. Bupati Musi Banyuasin,  yang di tanda tangani oleh Dr Sumarsono, MDM

Di samping surat Kemendagri, diperkuat kembali Surat dari Gubernur Sumatera Selatan Nomor : 800/332/BKD.II/2016, Tanggal 23 Maret 2016, perihal penjelasan tentang kewenangan Plt Bupati Muba.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyerahkan surat penugasan Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi menjadi Plh Bupati, Kamis (24/12/2015).

Kemudian pada 24 Maret 2016, Beni Hernedi resmi menjadi Plt. Bupati Musi Banyuasin, sesuai dengan salinan keputusan bernomor 131.16-3036 tahun 2016 tanggal 24 Maret 2016 bertuliskan tentang Pemberhentian Sementara Bupati Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, telah diterima Biro Otonomi Daerah Setda Sumsel.

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, AMd untuk melaksanakan tugas dan kewenangan Bupati Musi Banyuasi. Tertera surat tersebut ditetapkan di Jakarta, 24 Maret 2016 tertanda Mendagri Tjahjo Kumolo, ditandatangani Plt Sekretaris Ditjen Otda Anselmus Tan atas nama Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono. (est)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.