Militer Ambil Alih Kekuasaan

Presiden Erdogan (BBC)

Ankara, Sumselupdate.com  -Angkatan bersenjata Turki berupaya melakukan kudeta. Militer Turki mengatakan, mereka telah mengambil alih kekuasaan di negara itu untuk melindungi tatanan demokrasi dan mempertahankan hak asasi manusia.

Kudeta ini berlangsung pada Jumat (15/7) waktu Turki. Pihak militer mendalangi upaya ini. Mereka juga menutup Jembatan Bosphorus yang menghubungkan daratan Asia dan Eropa serta menutup bandara utama di Istanbul.

Al Jazeera melaporkan, Bandara Internasional Ataturk Istanbul telah ditutup dan semua penerbangan telah dibatalkan.

Dilansir detikcom dari Reuters, Sabtu (16/7/2016), dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email dan dilaporkan pada saluran TV Turki, militer mengatakan semua hubungan luar negeri yang ada di Turki akan dipertahankan. Serta aturan hukum akan tetap menjadi prioritas.

Sementara itu, Perdana Menteri Turki mengatakan, faksi di tubuh militer telah berusaha untuk merebut kekuasaan. Akan tetapi, militer akan dihalau mundur sehingga salah jika dikatakan sebagai serangan kudeta.

Suasana di Turki, pesawat-pesawat tempur terbang rendah di langit Ankara dan tembakan-tembakan dilepaskan. Bahkan Reuters melaporkan bahwa militer Turki telah mengambil alih kekuasaan.

Sementara itu Presiden Erdogan yang sedang melakukan kunjungan di Mongolia, dilaporkan telah dibawa ke tempat yang aman. (hyd)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.