Sambut HUT ke-76 PGRI dan HGN, PGRI Sumsel Gelar Webinar Nasional Pendidikan

Suasana webinar nasional pendidikan secara tatap muka dan virtual melalui zoom meeting di Aula H Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Selasa (2/11/2021).

Palembang, Sumselupdate.com – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersinergi dengan Universitas PGRI Palembang dan YPLP PT-PGRI Sumsel menggelar web seminar (webinar) nasional pendidikan secara tatap muka dan virtual melalui zoom meeting di Aula H Aidil Fitri Syah Lantai 5 Gedung  Business & Science Center Universitas PGRI Palembang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Selasa (2/11/2021).

Webinar nasional pendidikan yang mengangkat tema ‘Tantangan Pendidikan di masa Pandemi Covid-19 Dalam Rangka Membangun SDM Indonesia yang Berkualitas dan Kompetitif’ dalam rangkaian acara  memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional  yang jatuh pada 25 November 2021 nanti.

Read More

Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM melakukan pemukulan gong tanda dibukanya webinar nasional pendidikan secara tatap muka dan virtual melalui zoom meeting di Aula H Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Selasa (2/11/2021).

Webinar nasional pendidikan yang dibuka Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM ditandai dengan pemukulan gong, menghadirkan narasumber/pembicara nasional terkemuka di Indonesia yakni Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR, Prof Dr Sudarwan Danim, MPd (guru besar Universitas Bengkulu), Prof Dr Nunuk Suryani, MPd (guru besar Universitas Sebelas Maret), dan Dr Iwan Syahril, MPd (Dirjen GTK Kemendikbud Ristek) yang diwakili oleh Dr H Yaswardi, MSi (Direktur GTK Pendidikan Menengah dan Khusus Kemendikbud Ristek).

Rektor Universitas PGRI Palembang sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR  dalam laporannya menjelaskan peserta yang mengikuti webinar nasional pendidikan berasal dari 20 provinsi di Indonesia dengan jumlah 2.065 orang.

Suasana webinar nasional pendidikan secara tatap muka dan virtual melalui zoom meeting di Aula H Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Selasa (2/11/2021).

Jumlah peserta itu ditambah dengan 50 pemakalah yang berasal dari 11 provinsi  yang memaparkan artikelnya dan akan di-publish dalam Prosiding ber-ISBN.

“Alhamdulillah webinar yang kita gelar ini melebihi persyaratan seminar nasional yang harus diikuti minimal empat provinsi, karena webinar ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 20 provinsi di seluruh Indonesia,” jelas Bukman Lian.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR menyerahkan cinderamata kepada nara sumber webinar nasional pendidikan Prof Dr Sudarwan Danim, MPd (guru besar Universitas Bengkulu).

Salah satu nara sumber kegiatan webinar nasional pendidikan Prof Dr Sudarwan Danim, MPd menilai kegiatan yang digagas PGRI Sumsel bekerja sama dengan Universitas PGRI Palembang dan YPLP PT-PGRI Sumsel, merupakan lompatan yang luar biasa apalagi mengingat kondisi Covid-19 yang membuat masyarakat harus cepat beradaptasi ditambah dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih.

“Melihat suasana akademik, interaksi sosial,  kerja sama, dan pola sinergi antara PGRI Sumsel, YPLP PT PGRI Sumsel, dan Universitas PGRI Palembang sangat harmonis. Kegiatan semacam ini harus menjadi tradisi dan terus kita lakukan untuk memberikan sumbangsih dalam membangun peradaban baru ini,” katanya.

Guru Besar Universitas Bengkulu Prof Dr Sudarwan Danim, MPd.

Di tempat yang sama, Ketua  YPLP PT-PGRI Sumsel Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH menjelaskan yayasan sebagai penyelenggara penguruan tinggi PGRI bersama pengelola terus mendukung dan membantu setiap kegiatan yang dilakukan Universitas PGRI Palembang untuk meningkatkan kualitas dan meningkatkan SDM  yang kompetitif melalui dunia  pendidikan.

“Yayasan selalu mendukung dan siap memfasilitasi setiap inovasi yang dilakukan Universitas PGRI Palembang,” kata Meilia Rosani.

Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM berharap melalui kegiatan webinar nasional pendidikan ini dapat membantu para guru dalam melaksanakan proses akademik untuk dapat mengakses semua kepentingan anak didik, baik dalam bentuk pembelajaran daring maupun tatap muka.

Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM.

“Teknologi pada dasarnya hanyalah merupakan sebuah alat bantu untuk mengasah anak didik. Guru tidak dapat digantikan oleh apapun. Kreatifitas seorang guru menjadi penunjang lahirnya mutu pendidikan, semangat kemerdekaan wajib dimiliki setiap tenaga pendidik,” ujar Ahmad Zulinto.

Sementara itu, beberapa peserta webinar nasional pendidikan, seperti Slamet mengungkapkan kegembiraanya dalam mengikuti kegiatan ini.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Menurut Slamet di samping dapat pencerahan dan pengetahuan, juga dapat bersilahturahmi dengan rekan-rekan, kepala sekolah, dan dewan guru lainnya.

Pada kesempatan itu Slamet memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua PGRI Provinsi Sumsel H Ahmad Zulinto, SPd, MM dan jajarannya serta Rektor Universitas PGRI Palembang atas terlaksananya kegiatan webinar ini. (rel)

Berfoto bersama usai pembukaan webinar nasional pendidikan.
Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.