RM Khusus Jual Sagarurung Telah Ada di PALI

Foto bersama Pemilik RM Fadyan dengan Plt. Kadiskop UKM PALI didampingi Ketua PKBM Pelita Abab.

PALI, sumselupdate.com Bagi Anda para penikmat kuliner khas Kabupaten PALI, Sagarurung kini tidak perlu susah-susah lagi untuk mencarinya. Karena saat ini sudah dibuka Rumah Makan Fadyan Selera Kite, yang menjual kuliner khas Kabupaten PALI, Sagarurung, Senin (20/6/2022).

Selain menjual Sagarurung, rumah makan yang terletak di Jalan Merdeka, samping Masjid Jami’ Al-Ihsan, kelurahan Talang Ubi Timur itu juga menjual beraneka ragam menu masakan seperti pindang, bekasam, ikan bakar, ayam bakar, miso ayam, mie tumis hingga nasi goreng dan lalapan.

Read More

Yang tidak kalah penting, Rumah Makan Fadyan Selera Kite menjadi pertama dan satu-satunya di kabupaten PALI, yang menjual Sagarurung. Bahkan, di rumah makan ini menyediakan Sagarurung untuk dibawa sebagai oleh-oleh bagi pelancong.

Fadri, didampingi sang istri Tri Yanti Anggraini, pemilik usaha Rumah Makan Fadyan Selera Kite, menuturkan, salah satu motivasi dirinya untuk membuka rumah makan yang menjual Sagarurung, tentu untuk melestarikan kuliner khas PALI, yang kini sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Makarim.

“Sering menjadi kendala bagi warga PALI, ketika hendak mencari dan menikmati Sagarurung. Kendalanya yaitu belum adanya rumah makan yang khusus menjual Sagarurung. Untuk itulah saya tergerak untuk bisa menghadirkan rumah makan khusus untuk menyediakan Sagarurung,” jelasnya seraya mengatakan rumah makan ini akan menjadi wadah pemasaran bagi pelaku usaha UMKM yang menggeluti pembuatan Sagarurung.

Ia juga mengatakan rumah makan Fadyan Selera Kite, akan buka dari pukul 09.00-21.00 WIB.

“Tidak hanya menyajikan makanan yang enak, kami juga berkomitmen untuk menyiapkan rumah makan yang nyaman bagi konsumen. Untuk tempat hingga fasilitas. InsyaAllah dalam waktu dekat, disini akan disediakan meeting room yang nantinya bisa digunakan untuk rapat komunitas, organisasi dan instansi pemerintah,” ucapnya.

Sebagai promosi awal, Rumah Makan Fadyan Selera Kite selama tiga hari ke depan, akan memberikan diskon sebesar 25% terhadap kuliner yang dijual.

“Setelah dibuka secara resmi dengan doa bersama. Kami berharap, agar keberadaan rumah makan ini bisa membawa berkah dan bisa mengobati rindu untuk penikmat Sagarurung. Terimakasih juga kami ucapkan kepada PKBM Pelita Abab yang kini sedang menjalani Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tentang Sagarurung dan Bekasam,” tutupnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, Raden Abdurrohman, mengapresiasi penuh kawan-kawan pelaku UKM terkhusus Rumah Makan Fadyan, yang telah berinovasi membuka rumah makan khas Sagarurung.

“Sagarurung sebagai kuliner yang wajib dinikmati di PALI. Alhamdulillah, disini sudah bisa menikmati langsung makan di rumah makan. Tempatnya juga nyaman dan sejuk,” ujarnya usai menikmati Sagarurung di Rumah Makan Fadyan.

Selain itu, Ia juga meminta pemerintah dan stakeholder terkait untuk mensupport keberadaan pelaku UKM.

“Semoga hadirnya RM Fadyan bisa memacu dan memberikan motivasi bagi pelaku UKM lainnya untuk berkarya di kabupaten PALI,” tukasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.