Ribuan Benih Ikan Jelawat Ditebar di Sungai Pengumbak Desa Petaling

Dinas Perikanan Muba saat menebar benih di Sungai Pengumbak Desa Petaling.
Sekayu, Sumselupdate.com – Sebanyak  25.000 benih ikan jelawat ditebar di Sungai Pengumbak Desa Petaling Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Penebaran benih yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Perikanan Muba ini guna peningkatan populasi ikan di daerah tersebut.
Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex melalui Kepala Dinas Perikanan Muba Hendra Tristomi, SSTP, MDev, mengatakan, kegiatan tersebut telah menjadi agenda rutin pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan tujuan untuk menjaga ekosistem ikan di perairan sungai khususnya Sungai Pengumbak.
“Iya, tadi kami restocking sekitar 25 ribu ikan, yang ditebar adalah bibit ikan jelawat atau bahasa dusun disebut ikan kelemak yang dianggarkan melalui dana APBD 202,” jelasnya.
Kegiatan ini menurutnya, merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi penurunan hasil penangkapan ikan di perairan umum, baik secara secara kualitas dan kuantitas. Selain itu, adanya kesadaran bahwa perlunya pemanfaatan perairan untuk pengembangan kegiatan perikanan berbasis budi daya.
“Adapun tujuan restocking selain menambah stok ikan di perairan, juga agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi. Sekaligus bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang,” pungkasnya.
Sementara, Camat Lais Demoon Harian Eka Suza, SSTP, MSi, dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas kegiatan dinas Perikanan Muba sebagai salah satu bentuk pelestarian ikan.
“Karena sungai Pengumbak adalah salah satu sungai cukup penting di Desa Petaling, anak sungai Pengumbak menjadi objek lelang setiap tahun guna menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Musi Banyuasin dan juga income desa,” jelasnya.
Terpisah, Kepala Desa Petaling Ifiat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten melalui dinas Perikanan Muba terkait atas bantuan benih ikan. Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam rangka pemberdayaan masyarakat khususnya di sektor perikanan. Sehingga masyarakat dapat menambah penghasilan dan meningkatkan taraf hidup.
“Saya atas nama Pemerintah Desa Petaling menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas terkait,” jelasnya.
Mewakili masyarakat setempat, dirinya ingin sekali ekosistem sungai tetap terjaga, sehingga generasi kedepan masih bisa menikmati manfaat dari ikan-ikan yang ada di sungai tersebut. (rel)
Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.