Razia Mobil Plat Merah, Satpol PP Sasar Kendaraan Tunggak Pembayaran Pajak

RAZIA-Sejumlah petugas Satpol PP melakukan razia kendaraan berplat merah di Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Selasa (25/08/2020).

Palembang, Sumselupdate.com-Razia penertiban kendaraan berplat merah kembali digelar Satuan Polisi pamong Praja (Satpol-PP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalam melakukan razia, Satpol PP dibantu petugas gabungan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Samsat Palembang 1, Ditlantas Polda Sumsel dan Jasa Raharja. Petugas melakukan pemeriksaan pajak kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4) dengan sasaran kendaraan dinas khususnya plat merah, di Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Selasa (25/8/2020).

Bacaan Lainnya

Kasat Pol PP Provinsi Sumsel Aris Saputra mengatakan, pihaknya kembali melakukan penertiban pajak kendaraan R2 dan R4. Prioritasnya adalah kendaraan plat merah dan kendaraan dinas, karena disinyalir masih ada mobil plat merah yang belum patuh atau belum melunasi pajak kendaraan yang mereka pakai.

Petugas gabungan melakukan razia kendaraan dinas.

 

Dikatakan Aris, padahal sesungguhnya Gubernur Sumsel sudah memberikan kesempatan yang sangat luas dengan kebijakan pemutihan bagi kendaraan R2 dan R4 yang menunggak, itu dibebaskan pajaknya

“Di sini plat merah kita prioritaskan.
Selain untuk memberikan contoh kesadaran kepada masyarakat untuk taat membayar pajak. Juga plat merah kan sebetulnya sudah dianggarkan melalui anggaran organisasi pelaksana daerah (OPD) di masing-masing instansi,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya berupaya menggerakkan agar OPD melaksanaan pembayaran pajak secara rutin, sehingga memberikan contoh pada masyarakat, dan tentunya membantu untuk realisasi pajak itu sendiri.

“Karena nantinya akan digunakan untuk pembangunan dan pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang ada di Provinsi Sumsel. Tentunya kita ketahui bahwa kendaraan dinas atau yang merah itu kan ada yang sudah dilelang, sehingga di sini diambil kesempatan oleh oknum atau para pemakai kendaraan yang sudah lelang itu tetap menggunakan pajak pajak plat merah bahkan mereka tidak membayar,” ujarnya.

Aris menambahkan, pihaknya akan melakukan penyisiran bersama Bapenda dan nanti akan diadakan pendataan. Selanjutnya akan dilakukan kroscek kembali kendaraan yang sudah dilelang, sehingga Satpol PP Sumsel akan turun bersama Bapenda. Serta akan diikutsertakan Inspektorat untuk mendata, sehingga betul-betul kendaraan dinas operasional di OPD masing-masing instansi masih laik pakai, lalu akan tertib membayar pajak.

“Kami meyakini ada beberapa yang sangat menerima membayar pajak, terutama yang pajaknya belum lunas. Jadi mereka diberikan penjelasan dan mayoritas semuanya mau mematuhi serta segera akan melunasi pajak yang tertunda,” urainya.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Bapenda dan Satpol PP mengimbau agar masyarakat patuh membayar pajak. Jangan menunggu nanti, karena itu akan memberatkan. Kita sadari, bahwa pajak ini kembalinya kepada kita dengan membayar pajak maka pembangunan khusus seperti infrastruktur berupa jalan akan cepat dan secara merata di Provinsi Sumatera Selatan,” tutupnya. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.