Rawan Pelanggaran Angkutan Batubara, YLKI Lahat Minta ETLE Dipasang di Simpang Dekat Citimall

Jalan di Simpang Dekat Citimall Lahat

Laporan : A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Salah satu terobosan Kapolri di tahun 2021, yaitu menerapkan sistem tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Read More

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya menyebut bahwa sistem tilang elektronik memang punya efek positif. Selain mendorong perilaku positif berkendara, Ketua YLKI Lahat Raya Sanderson Syafe’i ST SH mengatakan, bahwa tilang elektronik bisa menghilangkan praktik suap menyuap oleh oknum polisi dengan pelanggar lalu lintas.

“Dalam konteks pelayanan publik, tilang elektronik ini untuk menangkap pelanggaran-pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas,” kata dia, Kamis (14/07/2022).

Sanderson meminta Polres Lahat agar meletakkan kamera ETLE di sekitar depan City Mall Lahat, karena dikawasan tersebut banyak terjadi pelanggan lalu lintas, terutama puluhan mobil bus angkutan karyawan batubara yang melanggar forboden atau tanda dilarang masuk bus dan truk.

“Sehingga agar tidak menimbulkan kesan ETLE di wilayah kerja Polres Lahat dijalankan tajam kebawah, karena pelaku pelanggaran lalu lintas yang dilakukan notabene perusahaan terkesan ada pembiaran atau tidak ditindak selama ini,” ujar Sanderson.

“Seharusnya penegakkan hukum secara elektronik yang berlaku selama 24 jam merupakan hal yang positif serta layak diapresiasi di Kabupaten Lahat khususnya,” lanjutnya.

Sanderson menambahkan, pihaknya selama ini banyak menemukan bus angkutan karyawan perusahaan batubara masuk ke daerah pemukiman warga diduga menerobos rambu lalu lintas, hal ini sering dikeluhkan warga namun tidak direspons pihak terkait.

“Warga lembayung yang enggan namanya dituliskan, menyambut baik jika ada kamera tilang dipasang di depan bengkel adam jadi bus angkutan karyawan perusahaan tidak masuk ke pemukiman penduduk yang dapat membahayakan keselamatan anak-anak,” bebernya.

Sementara Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, SIK, saat diminta tanggapannya melalui pesan singkat WA mengatakan, akan menindaklanjuti usulan tersebut.

“Makasih infonya, Kita tindak lanjuti,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.