Positif Corona, Donald Trump Dirawat di RS Militer Walter Reed  

Foto: Donald Trump dan Melania Trump di debat capres AS (AP Photo/Julio Cortez)

Washington DC, Sumselupdate.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dipindahkan ke pusat medis Walter Reed usai dinyatakan positif virus Corona (COVID-19).

Trump akan diisolasi di rumah sakit militer itu setelah sebelumnya menjalani isolasi di Gedung Putih.

Bacaan Lainnya

Dilansir CNN, Sabtu (3/10/2020), Trump mengalami demam sejak pagi waktu setempat. Demam yang dialami Trump konsisten setelah sebelumnya pihak Gedung Putih menyebut Trump mengalami ‘gejala ringan’. Dokter di Gedung Putih menyebut Trump ‘lelah’.

“Presiden Trump tetap dalam semangat yang baik, memiliki gejala ringan, dan telah bekerja sepanjang hari,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany.

“Trump akan segera menuju Pusat Medis Walter Reed – karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dari dokter dan ahli medisnya, Presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed selama beberapa hari ke depan,” lanjutnya.

Helikopter kepresidenan Marine One telah mendarat di halaman Gedung Putih untuk menjemput Presiden Trump ke pusat medis Walter Reed di Maryland.

Kabin depan helikopter itu akan ditutup, pilot dan awak kabin juga mengenakan masker.

Trump akan menghabiskan beberapa hari ke depan di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed. McEnany mengatakan bahwa kondisi Trump “tetap bagus, memiliki gejala ringan, dan telah bekerja sepanjang hari”.

Helikopter kepresidenan AS Marine One berada di Gedung Putih untuk menjemput Donald Trump yang akan dipindahkan ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed. (Foto: CNN).

Sebelumnya, Trump dan istrinya Melania terkena virus Corona usai berinteraksi dengan penasihatnya Hope Hicks yang positif Corona di debat capres AS.

Usai Hicks dinyatakan positif Corona, Trump dan Melania menjalani tes. Trump mengungkapkan hasil tes itu via akun Twitternya pada Kamis (1/10) malam waktu AS.

“Malam ini, @FLOTUS (Melania-red) dan saya dinyatakan positif COVID-19,” tutur Trump via akun Twitternya.

“Kami akan memulai karantina kami dan proses pemulihan segera. Kami akan melalui ini BERSAMA!” imbuhnya.

Trump yang berusia 74 tahun berada dalam risiko tinggi untuk terkena komplikasi serius akibat virus Corona.

Diagnosis positif ini menjadi pukulan besar bagi Trump, yang selama ini berusaha meyakinkan publik AS bahwa yang terburuk dari pandemi Corona telah terlewati.

Untuk diketahui, Hicks terakhir kali diketahui ikut mendampingi Trump saat debat calon presiden (capres) pertama di Cleveland, Ohio, pada awal pekan ini.

Seperti dilansir Associated Press dan CNN, Jumat (2/10/2020), Hicks yang sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Komunikasi Gedung Putih, baru saja diangkat menjadi penasihat Trump pada Februari lalu.

Perempuan cantik itu tampak selalu mendampingi Trump dalam kegiatan kepresidenan dan kampanye.

Hicks tampak mendampingi Trump saat debat capres yang digelar di Cleveland pada Selasa (29/9) waktu setempat.

Bahkan dia sempat satu pesawat dengan Trump yang menggunakan pesawat kepresidenan, Air Force One. Hicks juga terlihat ikut menaiki helikopter kepresidenan Marine One saat Trump berkampanye ke Minnesota pada Rabu (30/9) waktu setempat.

Menurut seorang pejabat pemerintahan Trump yang enggan disebut namanya, Hicks dinyatakan positif Corona pada Kamis (1/10) waktu setempat.

Kabar soal Hicks terinfeksi Corona pertama kali disampaikan oleh media terkemuka AS, Bloomberg News.

Saat ditanya soal kemungkinan kontak langsung antara Trump dan Hicks, Gedung Putih menegaskan langkah-langkah protokol kesehatan telah ditegakkan untuk menjaga keamanan dan kesehatan Trump.

“Presiden sangat memperhatikan dengan serius kesehatan dan keselamatan dirinya sendiri dan semua orang yang bekerja mendukungnya dan rakyat Amerika,” tegas juru bicara Gedung Putih, Judd Deere, dalam pernyataannya.

Secara terpisah, tiga sumber menuturkan kepada CNN bahwa sejumlah staf Gedung Putih yang berada dekat dengan Hicks baru diberitahu hasil positif Corona itu pada hari yang sama.

Sejumlah staf Gedung Putih sebelumnya dinyatakan positif Corona, termasuk Katie Miller yang merupakan Sekretaris Pers untuk Wakil Presiden AS Mike Pence dan salah satu pelayan pribadi Trump.

Hicks sejauh ini menjadi penasihat paling dekat dengan Trump yang dinyatakan positif Corona. (dtc)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.