Polemik Guru PPPK, Disdikbud Lahat: Penuhi Kewajiban Sebelum Menuntut Hak

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Keluh kesah Forum Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru, kepada anggota DPRD Lahat terkait pembayaran gaji yang diterima oleh mereka, Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat angkat bicara.

Read More

Kepala Dinas Pendidikan, Drs H. Suhirdin, MM melalui Kasubag Keuangan, Kepegawaian dan BMD Dinas Pendidikan, Hasperi Susanto,S.Pd.,MM, belum lama ini  menegaskan, bahwa PPPK Guru dituntut kewajibannya terlebih dahulu, baru diberikan hak mereka sebagai P3K Guru.

Dirinya menjelaskan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) mereka keluar pada Juni 2022, maka dari itu dengan otomatis pemberian hak (gaji) mereka dibayarkan pada bulan berikutnya atau lebih tepatnya di Juli.

“Kami sebagai ASN juga begitu, melaksanakan kewajiban terdahulu baru mendapatkan hak sebagai ASN. Jangan berpikir mendapatkan hak jika kewajiban belum dilaksanakan,” tegasnya.

Selanjutnya, tentang kontrak PPPK Guru beda dengan yang lain. Ada yang sampai lima tahun, sedangkan di Kabupaten Lahat hanya sebatas satu tahun lalu perpanjangan sebanyak 3 kali perpanjangan.

Karena itu sesuai dengan aturan yang ada yakni Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara nomor 28 tahun 2021 Bab 4 pasal 43.

“Mari kita berpikir dengan positif, dan bacalah aturan-aturan yang ada. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di sana sini,” kata Hasperi.

Sedangkan untuk masalah Gaji ke-13, dirinya lagi-lagi menjelaskan bahwa, pahami tentang PP Nomor 16 tahun 2022 tentang pemberian tunjangan THR dan gaji THR kepada ASN, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan penerima tunjangan tahun 2022.

Lebih lanjut ia meminta kepada PPPK Guru agar mempertanyakan atau mendatangi Dinas Pendidikan atau menemui dirinya agar bisa memperjelas permasalahan ini sehingga tidak simpang siur.

“Temui saya di kantor, kita bicarakan persoalan ini agar tidak menjadi kegaduhan atau kesimpangsiuran,” pesannya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.