Pj Walikota Palembang Minta ASN Netral Hadapi Pemilu 2024

Penulis: - Jumat, 17 November 2023
Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.

Palembang, sumselupdate.com – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 para pejabat hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang diingatkan untuk netral.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat melakukan rapat koordinasi secara zoom meeting bersama pejabat Pemkot Palembang, Jumat (17/11/2023).

Bacaan Lainnya

Mendagri Tito Karnavian mengingatkan bahwa netralitas ASN perlu dijaga untuk memastikan keadilan dan kesetaraan dalam pemilu terwujud dengan baik.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, mulai dari pejabat hingga ASN tingkat bawah harus menjaga netralitas, ini sangat penting untuk menjaga demokrasi di negeri ini.

“Selain diingatkan soal netralitas, Mendagri juga memastikan partisipasi penyertaan anggaran APBD untuk Pemilu 2024,” katanya.

baca juga : KIPP Sumsel Restrukturisasi Jelang Pemilu 2024

Menjelang Pemilu ini juga, untuk penyertaan anggaran, Pemkot Palembang memastikan telah menyiapkan anggaran 40 persen dari APBD Perubahan 2023 dan 60 persennya di APBD 2024.

Untuk estimasi anggarannya, Ratu Dewa tidak memastikan mencapai atau lebih dari Rp100 miliar. Pastinya, penggunaan anggaran disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk Pileg itu sebagain APBD dan sebagian APBN.

“Kecuali untuk Pilkada, semuanya dari APBD. Kami sudah komitmen sejak awal saat menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD),” katanya.

Baca juga : KIPP Sumsel Restrukturisasi Jelang Pemilu 2024

Menurutnya, Mendagri juga mengingatkan soal penanganan Stunting yang harus makin digencarkan demi kesehatan generasi yang akan datang.

“Juga upaya mencari alternatif lain yang bisa dilakukan oleh pemerintah juga masyarakat untuk menekan inflasi, dimana sumber utama biasanya adalah kenaikan harga cabe,” katanya. (Iya)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.