Pj Bupati Muaraenim Ingatkan Pengguna Anggaran Hati-hati Ambil Kebijakan

Pj Bupati Muaraenim H Nasrun Umar

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Pj Bupati Muaraenim H Nasrun Umar berharap MoU pendampingan hukum dalam pengadaan barang dan jasa antara Pemkab Muaraenim dengan Polres dan Kejari Muaraenim dapat mencegah terjadinya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Bacaan Lainnya

“Nota kesepakatan tersebut merupakan upaya pendampingan hukum, asistensi, pengawasan, monitoring dan tindakan hukum lainnya guna mencegah terjadinya penyimpangan kolusi, korupsi dan nepotisme pada proses pengadaan barang dan jasa di Pemka Muaraenim, baik di bidang hukum pidana, maupun penyelesaian masalah di bidang hukum perdata dan tata usaha negara,” kata Nasrun Umar, usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polres dan Kejari Muaraenim, Rabu (16/6/2021) di ruang Rapat Bappeda Muaraenim.

Pada kesempatan itu, Nasrun Umar menekankan kepada pengguna anggaran untuk berhati-hati dalam mengambil kebijakan. Hal ini menurutnya untuk meminimalisir kesalahan, baik pada metode lelang maupun dengan metode penunjukan langsung.

“MoU ini merupakan satu pandangan bahwa hakikat dan tujuan utama dari pengadaan barang dan jasa adalah mengupayakan untuk menghasilkan barang ataupun jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, baik dari sisi kualitas, jumlah dan waktu dengan menerapkan prinsip efisiensi, efektivitas, tranparansi, kompetitif, adil dan akuntabel,” kata Nasrun.

Kemudian Nasrun mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya instruksikan agar pada minggu keempat bulan Juni 2021 proses pengadaan barang dan jasa dengan metode tender sudah harus selesai dan proses penunjukan langsung harus di mulai Juli sampai dengan September 2021.

“Pelaksanaan dan proses ini akan saya pantau langsung dan akan menjadi evaluasi kinerja bagi para kepala perangkat daerah. Ingat semuanya harus efisiensi, efektif, tranparan, kompetitif, adil dan akuntabel,” terangnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.