Petugas Gelar Razia, Benda Terlarang Ditemukan di Dua Blok Lapas Mata Merah Palembang  

Petugas Lapas Kelas 1 Mata Merah Palembang merazia kamar warna binaan, Selasa (15/6/2021) malam.

Laporan Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Petugas Lapas Kelas 1 Mata Merah Palembang merazia kamar warna binaan, Selasa (15/6/2021) malam.

Bacaan Lainnya

Razia yang dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Sumsel) Indro Purwoko guna mendeteksi keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas 1 Mata Merah Palembang.

Dalam razia semalam, petugas menemukan delapan buah handphone, empat buah senjata tajam rakitan, gunting, jepitan kuku, charger, korek api, ikat pinggang, sendok almunium, dan headsead.

Kabid Pembinaan Lapas Mata Merah Maulana Lutfiyanto mengatakan, semua barang tersebut didapat petugas dari dalam kamar lapas mata merah seperti di Blok SMB II dan di Blok AK Gani.

“Sesuai arahan Kakanwil untuk melaksanakan penggeledahan guna mencegah gangguan keamanan kita lakukan penggeledahan persuasif kepada warga binaan,” ujarnya saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (16/6/2021).

Berfoto bersama usai petugas Lapas Kelas 1 Mata Merah Palembang merazia kamar warna binaan, Selasa (15/6/2021) malam.

Dikatakannya delapan handphone yang didapat tersebut kondisi yang ditemukan petugas dalam keadaan usang atau tidak layak untuk di pakai.

“Delapan telepon genggam tersebut baru akan dimanfaatkan oleh warga binaan untuk berkomunikasi namun beruntung petugas cepat menemukannya,” katanya.

Selain handphone senjata tajam rakitan berupa korek yang dimodifikasi dengan curter atau korek yang dimodifikasi menggunakan garpu.

Dari keterangannya penggunaan barang sajam modifikasi tersebut digunakan warga binaan untuk berjaga diri dan makan.

“Iya benar untuk jaga diri warga binaan dan juga untuk memasak makanan mereka didalam,” katanya.

Hingga kini dirinya dan kepala pengawas akan kembali bersenergi untuk berkerja sama menurunkan angka benda terlarang yang ditemukan di dalam kamar lapas.

Ia juga mengungkapkan untuk kedua kalinya di blok SMB II atau tahanan narkoba menemukan barang terlarang.

“Ini merupakan razia yang kedua setelah bulan lalu penemuan barang juga didominasi dari blok narkoba atau SMB II,” ujarnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.