Perusahaan Tebu dan Tapioka Siap Masuk Kabupaten Muratara

Kepala Bappeda Kabupaten Muratara, Erwin Syarif.

Muratara, Sumselupdate.com – Sebagai kabupaten yang baru menginjak usia tiga tahun, Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) terus mengembangkan sejumlah sektor untuk perekonomiannya.

Tak hanya mengembangkan sektor pertambangan dan perkebunan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara membidik dua bidang baru, yakni perkebunan tebu dan tapioka.

Bacaan Lainnya

Bahkan, saat ini kedua sektor ini telah dibidik dua perusahaan yang segera masuk ke wilayah Muratara.

“Investor ini sudah datang dan presentasi dengan kita. Insya Allah mereka akan melakukan survey lokasi karena benar-benar serius masuk ke Kabupaten Muratara,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muratara Erwin Syarif.

Ia yakin, jika investor di sektor perkebunan ini positif mengembangkan industri di Muratara, dipastikan akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Saat ini, investor yang tertarik tersebut sudah mulai melakukan peninjauan lokasi yang tepat. Selain itu, jika didapatkan lokasi yang tepat, investor akan segera difasilitasi dalam melakukan pengurusan izin hingga pembebasan lahan.

Menurutnya, selama ini masyarakat hanya fokus dalam pengembangan sektor sawit dan karet. Sehingga, ketika harga kedua komoditas tersebut anjlok, masyarakat menjadi korban pertama yang mengalami kerugian.

Oleh karena itu, menurut Erwin pihaknya memiliki program optimalisasi lahan terlantar yang akan dibantu melalui upaya pembukaan lahan, hingga pendampingan dan penyuluhan.

“Sehingga ke depan masyarakat memiliki pilihan untuk mengolah lahan, tak hanya sawit dan karet saja,” ucapnya.
Namun, ia memastikan sawit dan karet tetap akan terus dikembangkan, mengingat 80 persen masyarakat Muratara menggantungkan hidup dari kedua komoditas ini.

“Kami berharap, masyarakat akan mendukung penuh rencana kedatangan investor ini. Karena kita yakin dengan masuknya perusahaan ini, dapat membuat perekonomian masyarakat Muratara menjadi lebih baik,” ujarnya. (ain)‎

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.