Pembobol Kantor SDN 2 Maur Lama Diringkus Polsek Rupit

Kamis, 21 September 2023
Alamsa Putra, Pembobol SDN 2 Maur Lama di Rupit diringkus polisi

Laporan : Marwan Ashari

Muratara, Sumselupdate.com – Satu dari dua pelaku pembobol kantor SDN 2 Maur Lama yakni Alamsa Saputra (20) warga Desa Maur Lama, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara ditangkap aparat Polsek Rupit.

Bacaan Lainnya

Pelaku yang sudah dua bulan buron ini berhasil ditangkap dirumahnya tanpa melakukan perlawanan, Senin (18/9/2023) sekitar pukul 00.30 WIB.

Sementara itu, satu pelaku lainnya yakni Herman (24) warga yang sama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Penangkapan pelaku sesuai dengan LP/B-26/VII/2023/SPKT/RES MURATARA/POLDA SUMSEL, tanggal 14 Juli 2023.

Peristiwa terjadi Senin (10/7/2023) sekitar pukul 07.00 wib. Seorang Guru melaporkan adanya kehilangan barang-barang dan pelapor memastikan bahwa barang-barang tersebut hilang karna dicuri orang.

Selanjutnya, barang-barang lainnya juga ditemukan hilang. Diduga pelaku masuk ke dalam ruangan guru atau kepala sekolah dengan merusak kunci gembok, kemudian mengambil barang-barang tersebut.

Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polsek Muara Rupit. Barang yang diduga diambil pelaku yakni satu unit printer merk canon MP 287, satu buah bel sekolah, satu unit kipas angin berdiri, satu buah tabung gas, 1 satu unit magic com dan gulungan kabel listrik kecil.
Kerugian yang ditimbulkan akibat kejadian ini diperkirakan mencapai Rp 6,7 juta.

Kapolres Muratara, AKBP Koko Arianto Wardani, S.IK. MH melalui Kapolsek Rupit, Iptu Khoirul Hambali, SH didampingi Kasi Humas, AKP Baruanto, mengatakan penangkapan terjadi bermula dari Kanit Reskrim Polsek Rupit Ipda Novi Ariyanto mendapat informasi yang mengatakan bahwa satu orang laki-laki yang diduga telah mengambil barang-barang di dalam SD N2 Desa Maur itu sedang berada dirumahnya. Kemudian Kanit Reskrim Ipda Novi Ariyanto ini melaporkan hal ini kepada Kapolsek Rupit.

Lalu, Kapolsek Rupit ini memberikan arahan, petunjuk dan cara bertindak untuk melakukan penyelidikan, pengamatan dan penangkapan itu kepada Kanit Reskrim bersama anggotanya.

Setelah anggota memahami dengan arahan, petunjuk dan cara bertindak itu, kemudian Kanit Reskrim memimpin anggotanya untuk melakukan penyelidikan, pengamatan di seputaran rumah yang diduga di dalamnya terdapat pelaku yang telah mengambil barang-barang didalam SDN 2 Desa Maur.

Setelah anggota unit Reskrim Polsek Rupit sangat yakin dengan penyelidikan dan pengamatannya dirumah tersebut, maka rumah di kepung dan di gedor pintu depan rumah tersebut.

Akhirnya dibuka dan berhasil mengamankan seorang laki-laki tanpa melakukan perlawanan di dalam rumah dan seorang laki-laki itu mengaku bernama Alamsa Saputra yang langsung mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian di dalam SDN 2 Desa Maur Lama itu bersama seorang temannya dengan inisial Hrm (DPO).

Kemudian Alamsah dibawa ke Polsek Rupit untuk dilakukan pengembangan kasusnya.

Barang bukti yang berhasil disita dalam penangkapan ini adalah satu buah bel sekolah. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.