Peringatan HUT ke-113 OKU Diwarnai Aksi Demonstrasi

Sabtu, 29 Juli 2023
Nopran Saputra, selaku koordinator aksi (korak) FPR berdialog dengan petugas Polres OKU, Sabtu (29/7/2023).

Laporan: Heriyansah

Baturaja, Sumselupdate.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-113 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang digelar di Gedung Kesenian Baturaja, Sabtu (29/7/2023), diwarnai aksi demonstrasi oleh sejumlah massa yang mengatasnamakan Front Perlawanan Rakyat (FPR).

Bacaan Lainnya

Belum sempat melakukan aksinya, para pendemo nyaris bentrok dengan sejumlah masyarakat yang kebetulan berada di depan gerbang Gedung Kesenian Baturaja yang merasa tidak senang dengan aksi tersebut.

Melihat kerusuhan tersebut, sejumlah petugas dari Polres OKU langsung melakukan evakuasi terhadap para pendemo.

“Mengapa aksi kami dihentikan, kami di sini hanya ingin menyampaikan aksi kami,” ujar salah seorang pendemo.

Nopran Saputra, selaku koordinator aksi (korak) FPR dibincangi usai aksi.

Dia mengatakan jika pihaknya hanya ingin menyampaikan kritik yang bersifat kolektif bukan menyerang personal. Namun ternyata banyak intervensi dari segala penjuru.

“Mereka Melarang kami untuk bersuara. Ada yang nyuruh lain hari, ada yang mendesak kami untuk orasi di tempat lain, Padahal aksi kami ini lakukan telah mempertimbangkan tatanan dan ketertiban di sekitar lokasi,” sesal Nopran.

Menurut Nopran, banyak hal dari berbagai sektor yang ingin mereka kritisi di hadapan langsung para pemangku kepentingan di momen HUT ke-113 OKU tersebut.

“Mulai soal pembangunan, sampah, kesenjangan, ketersediaan air bersih, dan banyak hal lagi. Bahkan secara sosial politik dan budaya, kepemimpinan Pj Bupati ini kami nilai gagal,” bebernya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres OKU, Kompol Liswan mengatakan, jika pihaknya tidak menghalangi aspirasi para pemuda FPR.

“Silahkan menyampaikan aspirasi tapi jangan di depan gerbang, karena bisa mengganggu jalannya rapat,” jelasnya.

Bahkan kata Kompol Liswan, pihaknya akan mengawal dan mengamankan jalannya unjukrasa jika menggelar di titik yang telah mereka tentukan.

“Biar semuanya bisa berjalan, paripurna jalan, aspirasi kalian tersampaikan,” kata Kabag Ops kepada Korlap aksi. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.