Penyaluran BST di Babel Masih Proses Penyiapan Data

Akhiriyadi DB Susilo

Pangkalpinang, Sumselupdate.com – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dananya bersumber dari ABPD Provinsi, sampai saat ini masih dalam proses penyiapan data penerima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

“Memang penyaluran BST dari Proivinsi tersebut tidak sesuai dengan target, kemarin diusulkan Oktober harus segera dicairkan. Ini kemungkinan November harus segera dicairkan. Kami sudah mendapatkan arahan dari Pak Gubernur Babel, bahwa secepatnya itu harus cair,” ujar Kabid Penanganan Fakir Misksin Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Babel Akhiriyadi DB Susilo.

Bacaan Lainnya

Akhiriyadi menuturkan, permasalahan penundaan penyaluran BST, karena saat ini masih dalam proses cleansing data. “Jadi ada 15.229 termasuk Bangka Barat. Sekitar 1607 data yang dikembalikan untuk diverifikasi ulang di tingkat Kabupaten/Kota. Sampai saat ini masih menunggu Kab. Bangka Tengah dan Kab. Bangka Barat yang belum selesai,” ungkap Akhiriyadi.

“Terus ada perkembangan terakhir kalau tidak salah informasi, kemarin Kepala Bidang Dinsos Kabupaten Bangka Barat sudah menelpon kami, kan kemarin Bangka Barat menyatakan menolak, namun sekarang Bangka Barat siap untuk mengajukan kembali,” tambahnya.

Ia mengatakan, untuk di Kabupaten Bangka Barat terdapat 3083 KK penerima bantuan. Namun akan dikurangi dengan cleansing data, kurang lebih 100 data untuk diverifikasi dan dihilangkan jika ada penerima ganda, dan hasilnya ditunggu minggu depan harus selesai.

“Draft SK penerima untuk ditandatangaini oleh Gubernur sudah dibuat oleh pihak Dinsos Babel. Namun masih tertahan di Dinsos Babel, karena masih menunggu lampiran data penerima dari Kabupaten/Kota. Di sisi lain, pihaknya sudah siap untuk mentransfer dana BST tersebut,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Dinsos Provinsi sifatnya hanya merekap data dari Kabupaten/Kota, dan tidak diketik ulang, hal tersebut agar menghindari kesalahan pengetikan data dari Kabupaten/Kota, makanya format datanya agar disamakan dengan Dinsos Provinsi. Dirinya menegaskan, jika pihak Dinsos berupaya untuk segera menyalurkan BST tersebut sesegera mungkin. (jip)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.