Pengrajin Batik PALI Harus Dibina

Penyerahan kenang-kenangan batik PALI dari ketua PKK dengan instruktur dari Cirebon.

PALI, Sumselupdate.com – Bupati PALI Ir H Heri Amalindo, MM menegaskan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Koperasi dan UKM agar pembinaan terhadap pengrajin batik terus berkelanjutan.

“Harus terus dibina, karena kalau cuma latihan tanpa tindak lanjut dinas terkait maka pelatihan seperti ini akan sia-sia dan Disperindag wajib menyediakan fasilitas kepada para pengrajin batik,” ujar Heri saat menutup pelatihan, pembinaan kemampuan teknologi industri batik, Rabu (7/12/2016).

Bacaan Lainnya

Dirinya juga menginginkan agar kualitas batik PALI bisa ditingkatkan, sembari mencari pasar untuk pendistribusian batik PALI. ‚ÄúSambil berjalan kita akan buat tempat pemasaran dan mencari pangsa pasar untuk batik,” imbuhnya.

Selain itu, ia berharap kepada peserta setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini dapat menjadi industri rumah tangga. “Ini bisa menjadi tambahan penghasilan, industri rumah tangga dan mengurangi pengangguran di Kabupaten PALI,” tandasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten PALI Hj Sri Kustina Heri Amalindo menuturkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat segera membantu pengrajin batik PALI dalam pemasaran.

“Ke depan, bersama Disperindag kita akan membantu pengrajin batik dalam hal pemasaran, sembari meningkatkan kualitas dan mutu dari batik PALI sendiri,” ujar Sri.

Sementara itu, Kabid Perindustrian Disperindag Kabupaten PALI Lihan, SE menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan serta pembelajaran kepada warga PALI dalam menenun batik.

“Setelah pelatihan kita ingin para peserta bisa menularkan ilmu yang didapat ke masyarakat luas,” katanya. (adj)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.