Pemkab Muaraenim Musnahkan 2.640 Botol Miras

Pemusnahan miras di halanab Pemkab Muaraenim

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com — Menjelang tahun baru 2022 Pemerintah Kabupaten Muaraenim memusnahkan ribuan botol minuman
keras (Miras) sitaan dari kegiatan razia dalam rangka keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Read More

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari operasi Lilin Musi menjelang natal dan tahun baru 2022.

Pj Bupati Muaraenim H Nasrun Umar mengatakan, kegiatan pemusnahan ini merupakan wujud komitmen Pemkab Muaraenim untuk mencegah tindak penyalahgunaan dan penyimpangan minuman beralkohol
ilegal yang dalam aturannya tidak boleh
beredar, diperjualbelikan, apalagi dimininum.

“Giat pemusnahan ini sebagai wujud dari Komitmen Pemkab Muaraenim dalam melakukan pencegahan peredaran minuman beralkohol di wilayah kabupaten Muara Enim, karena selain tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, riskan memicu terjadinya tindak kejahatan,” ungkapnya, Jum’at (31/12/2021) dalam keterangan persnya disela pemusnahan hasil razia dalam rangka keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah kabupaten Muaraenim.

Kemudian HNU megatakan oleh sebab itu usaha preventif harus Pemkab Muara Enim galakkan demi menciptakan kondisi dan situasi Kabupaten Muara Enim yang kondusif, aman, damai dan nyaman.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Muaraenim, saya memberikan dukungan sebesar – besarnya kepada para aparat penegak hukum, baik itu kepolisian, pengadilan maupun kejaksaan, termasuk juga Satuan
Polisi Pamong Praja sebagai aparat penegak Peraturan Daerah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Maka itu, sayapun menghimbau kepada masyarakat agar tidak merayakan malam pergantian tahun dengan hal-hal yang tidak bermanfaat dan berlebihan. Sangat dianjurkan untuk merayakannya secara sederhana dengan tetap berdiam di rumah masing-masing,” himbaunya.

HNU berharap situasi maupun kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Muaraenim akan semakin baik dan kondusif sehingga dapat mendukung terwujudnya iklim pembangunan yang positif.

Sementara itu Kasat Pol PP Muaraenim A. Musadeq didampingi Kabid Penegakan Perda dan Perkada Alvi Gumara menerangkan pemusnahan minuman beralkholo tersebut bersumber dari hasil razia sepanjang tahun 2021 di sejumlah tempat hiburan malam yang ada di wilayah kabupaten Muaraenim.

“Pemusnahan Minuman Beralkohol (Miras) ini lebih kurang 220 Dus atau 2.640 Botol Miras senilai Rp 132 juta jikalau diuangkan,” bebernya.

Masih kata Alvi, dasar pelaksanaan tugas razia ini ialah SK Bupati Muara Enim Nomor : 534 / KPTS / POL.PP / 2021 Tanggal 09 April 2021 tentang Tim Penanganan Atas Pelanggaran Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah ( Tim Yustisi ) Kab. Muaraenim Tahun 2021 dan SK Bupati Muaraenim Nomor : 531 / KPTS / SATPOL PP / 2021 Tanggal 05 April 2021 tentang Tim Satgas Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Prokes sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Muaraenim.

“Kegiatan Tim Penanganan Atas Pelanggaran Perda dan Perkada ( Tim Yustisi ) Kabupaten Muaraenim tahun 2021 ini dibantu dibantu oleh anggota Tim Satgas Penegakan Perda dan Perkada Satpol PP Kabupaten Muara Enim. Dimana Kegiatannya berupa Razia Tim Yustisi Kabupaten Muaraenim ditempat Warung Remang-remang, Kafe, Tempat Hiburan Malam dan warung – warung yang terindikasi Menjual Miras denga tujuan Pelaksanaan Kegiatan ini, guna membantu Mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Muaraenim yaitu Muara Enim Untuk Rakyat Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera,”pungkasnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.