Pemkab Muaraenim Gelar Peremajaan Kelapa Sawit untuk Tingkatkan Produktivitas

PEREMAJAAN SAWIT-Syukuran pelaksanaan program peremajaan kelapa sawit rakyat.

Muaraenim, Sumselupdate.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim kembali melakukan kegiatan peremajaan kelapa sawit untuk meningkatkan produktivitas. Peremajaan dilakukan bersama masyarakat yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kecamatan Gunung Megang.

Kegiatan itu bersamaan kegiatan syukuran program peremajaan kelapa sawit rakyat tahap I tahun 2019 dan peluncuran tumbang pangkas perdana pohon kelapa sawit tahun tanam 2020, Jumat (21/8/2020) di Desa Sumaja Makmur, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim.

Bacaan Lainnya

Ikut hadir Plt Bupati Muaraenim H Juarsah, SH, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaraenim Ir H Hasanudin, MSi, melakukan pemotongan tumpeng dan pemotongan pita menandakan dimulainya pelaksanaan tumbang pangkas kelapa sawit tahun 2020.

Plt Bupati Muaraenim H Juarsah, SH, mengatakan, dari total luas lahan pertanian di Kabupaten Muaraenim, sekitar 35% atau seluas 200 ribu hektar merupakan lahan perkebunan yang didominasi olen 3 komoditas unggulan, yaitu karet, kelapa sawit dan kopi.

“Sekitar 35 % atau 200 ribu hektar lahan perkebunan di wilayah kita ini didominasi oleh kelapa sawit, kopi dan karet oleh karena itu Pemkab Muaraenim sangat fokus melaksanakan program pemberdayaan, baik dari kegiatan hulu maupun hilir di sektor perkebunan ini,” ungkapnya.

Selanjutnya Juarsah menyampaikan harapannya melalui peremajaan kelapa sawit ini dapat meningkatkan kualitas maupun produktivitas panen.

“Kami berpesan kepada para petani dan Gapoktan agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan terencana, mulai dari pekerjaan pembukaan lahan dan tumbang pangkas pohon agar hasil yang diperoleh menjadi lebih optimal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumaja Makmur Parimin mengucapkan terima kasihnya atas perhatian Pemkab Muaraenim dalam membantu para petani kelapa sawit, khususnya yang berada di Kecamatan Gunung Megang.

“Atas nama masyarakat dan petani kelapa sawit di wilayah kecamatan Gunung Megang dan Kabupaten Muaraenim, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan serta dukungan Pemkab Muaraenim dalam hal ini Dinas Perkebunan yang telah membantu kita di dalam melakukan peremajaan kelapa sawit kita ini,” pungkasnya. (dan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.