Pemerintah Wajib Daftarkan dan Tanggung Biaya BPJS Kesehatan Untuk Pegawai Honorer!

Kepala BPJS Kesehatan Kota Palembang, dr Fakhriza.

Palembang, Sumselupdate.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendorong pemerintah daerah untuk menuntaskan honorer yang belum masuk ke dalam kepesertaan.

Sebab, hingga saat ini dinilai masih banyak yang belum tercover dan BPJS meminta setidaknya tahun depan sudah tuntas.

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Kesehatan Kota Palembang, dr Fakhriza mengatakan, pegawai honorer ini menjadi kewajiban pemerintah untuk mendaftarkan, sehingga mereka bisa mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan.

“Sejauh ini masih kita temukan honorer yang belum punya BPJS Kesehatan atau mereka mendaftarkan secara mandiri. Padahal ini harusnya ditanggung oleh Pemda itu sendiri,” ujarnya, Minggu (6/9/2020).

Salah satu langkah untuk mendorong ini, BPJS Kesehatan telah melakukan koordinasi ke sejumlah Pemda, seperti Pemkot Palembang. Sehingga, di 2021 mendatang para honorer yang bekerja bisa seratus persen tercover perlindungan kesehatan.

“Untuk data resminya masih minim, sebab para honorer ini ada yang terdaftar di Pekerja Penerima Upah (PPU), Jamkesda dan PBI. Kita harap di 2021 kita tegaskan agar honorer tersebut harus dibayarkan oleh Pemda sebesar 4 persennya. Minimal kelas II sesuai segmen PPU,” katanya.

Fakhriza mengatakan, mencapai tujuan ini perlu dilakukan sinergi dengan instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, Disnaker serta BPKAD terkait kecukupan anggaran.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Fauziah mengatakan, tahun depan ada permintaan dari BPJS Kesehatan untuk mengcover para honorer di lingkup Pemkot Palembang agar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Namun untuk jumlah berapa banyak honorer nanti akan ditindak lanjuti oleh BKPSDM. Selain itu, perlu duduk bersama pula dengan BPKAD karena ini juga menyangkut soal kesiapan anggaran,” katanya. (iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.