Jaga Netralitas TNI di Pilkada PALI, Kodim 0404 Muaraenim Gelar Pasukan Pengamanan

Suasana gelar pasukan pengamanan yang digelar Kodim 0404/Muaraenim di lapangan Koramil 404-03/PALI, Minggu (6/9/2020).

Muaraenim, Sumselupdate.com – Guna menjaga netralitas dan kelancaran serta keamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada 9 Desember 2020 mendatang, Kodim 0404/Muaraenim menggelar gelar pasukan pengamanan di lapangan Koramil 404-03/PALI, Minggu (6/9/2020).

Dandim 0404/Muaraenim Letkol Inf Erwin Iswari, SSos, MTr (Han) didampingi Pasi Ops Kodim 0404/Muaraenim Kapten Inf R Sitohang dan Danramil 404-03/PALI Kapten Inf Erry Hastanto mengingatkan kepada seluruh anggota untuk tetap bersikap netral dalam pengamanan pesta demokrasi nanti.

Bacaan Lainnya

“Pada pelaksanaan Pilkada PALI 9 Desember mendatang setiap prajurit TNI wajib bersikap netral yaitu tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak, dan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apa pun kepada salah satu paslon,” tegasnya.

Suasana gelar pasukan pengamanan yang digelar Kodim 0404/Muaraenim di lapangan Koramil 404-03/PALI, Minggu (6/9/2020).

Erwin mengatakan, netralitas TNI adalah bentuk dari reformasi intelijen TNI agar tetap bersikap netral dalam tatanan politik.

“Netralitas TNI merupakan reformasi internal. TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Pada Pilkada PALI ini mengusung tema Netralitas TNI Wujud Profesionalisme dalam mendukung Suksesnya Pilkada PALI 9 Desember Mendatang. Maka itu dapat kita simpulkan bahwa TNI tidak boleh berpolitik baik praktis maupun simpatisan,” tegasnya.

Kemudian Erwin menjabarkan tujuannya selain memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam Pilkada PALI mendatang.

Suasana gelar pasukan pengamanan yang digelar Kodim 0404/Muaraenim di lapangan Koramil 404-03/PALI, Minggu (6/9/2020).

Diharapkan akan terciptanya pemahaman masyarakat tentang Netralitas TNI dalam kebebasan masyarakat dalam memberikan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada PALI secara Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber) serta Jujur dan Adil (Jurdil).

“Harapan kita akan terciptanya pemahaman masyarakat tentang Netralitas TNI dalam kebebasan masyarakat dalam memberikan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada Pali secara Luber serta Jurdil serta terciptanya citra positif TNI di mata masyarakat pada umumnya dalam menjaga nama baik perorangan mau pun satuan khususnya citra TNI terkait pada Pilkada PALI 9 Desember mendatang,” pungkasnya. (dan)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.